EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Prinsip Keadilan dalam Penetapan Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia

Rahmi, Nispan (2024) Prinsip Keadilan dalam Penetapan Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia. Disertasi, Pascasarjana.

[img] Text
Pernyataan Keaslian.pdf

Download (344kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (341kB)
[img] Text
Disertasi BAB I.pdf

Download (627kB)
[img] Text
Disertasi BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (959kB)
[img] Text
Disertasi BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Disertasi BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
Disertasi BAB V.pdf

Download (218kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (254kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (293kB)

ABSTRAK

Penelitian prinsip keadilan terkait proses penetapan fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia sangat penting dilakukan seiring dengan munculnya isu-isu krusial persoalan empiris terkait fatwa DSN-MUI, adanya ketidaksesuaian antara fatwa dengan praktik di Lembaga Keuangan Syariah, perubahan akad yang sudah ditentukan di awal transaksi pembiayaan, baik karena kebijakan manajemen maupun atas permintaan nasabah, dan keragaman praktik akad di Lembaga Keuangan Syariah. Mengapa hal tersebut muncul; apakah fatwa�fatwa DSN-MUI tersebut tidak solutif, tidak maslahat, dan tidak berkeadilan? Tujuan penelitian ini ingin mengetahui bagaimana prinsip keadilan dan prosedur metodologi dalam penetapan fatwa-fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN)-MUI. Penelitian hukum normatif melalui teknik studi dokumen, dengan menggunakan analisis kualitatif (in-depth analysis) ini menemukan bahwa dilihat dari sisi teori keadilan maupun dari sisi teori fatwa, proses penetapan fatwa oleh DSN-MUI telah mengedepankan prinsip keadilan. Hal ini terlihat dari indikator berikut; sikap DSN-MUI yang memperlakukan sama dan setara kitab-kitab sumber yang ditulis oleh para ulama berbagai mazhab dijadikan rujukan dalam menetapkan fatwa. Perlakuan sama dan setara terhadap anggota DSN-MUI kesempatan menyampaikan pendapatnya dalam sidang pleno penetapan fatwa, dan keseimbangan hak dan kewajiban antara LKS dan nasabah. Sedangkan indikator dari sisi teori fatwa adalah prosedural, metodologis, dan terpenuhinya standar kualifikasi anggota DSN-MUI. Dari proses penetapan fatwa yang mengedepankan nilai-nilai keadilan melahirkan fatwa-fatwa berkeadilan, maslahat, dan solutif. Prosedur metodologi fatwa DSN-MUI menggunakan tiga pendekatan. Pertama, nash qath’i, kedua, qauli, dan ketiga, manhaji. Di DSN-MUI, pendekatan manhaji dilakukan melalui ijtihad kolektif (ijtihad jama’i) dengan metode al-jam’u wa al-taufiq, tarjihi, ilhaqi, dan istinbathi. Metode istinbathi diterapkan melalui metode qiyasi, istishlahi, istihsan, dan sadd al-dzari’ah.

Item Type: Disertasi
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Magister dan Dokter) > S3 Ilmu Syariah
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:53
Last Modified: 03 Sep 2024 03:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27825

Actions (login required)

View Item View Item