EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

. Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Getah Karet di Desa Tajau Mulya Kec. Batu Ampar Kab. Tanah Laut

Sari, Nita Dwita (2024) . Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Getah Karet di Desa Tajau Mulya Kec. Batu Ampar Kab. Tanah Laut. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
SURAT PERNYATAN KEASLIAN TULIISAN.pdf

Download (72kB)
[img] Text
AWALANN.pdf

Download (699kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Salah satu aktivitas bisnis yang diperbolehkan dalam Islam yaitu transaksi jual beli. Transaksi jual beli merupakan salah satu kebutuhan masyarakat sebagai sarana dan prasarana dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Setiap orang pasti melakukan transaksi jual beli namun belum tentu semua orang melakukan transaksi jual beli sesuai dengan etika bisnis islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai transaksi jual beli getah karet yang berada di Desa Tajau Mulya berdasarkan tinjaun etika bisnis islam. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan jenis penelitian lapangan atau Field Research. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Jumlah sampel yang diambil yaitu 2 pembeli (pengepul) dan 10 petani (penjual) sehingga keseluruhan sampel berjumlah 12 narasumber. Analisis data yang digunakan yaitu jenis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa transaksi jual beli getah karet yang ada di Desa Tajau Mulya Kec. Batu Ampar Kab. Tanah Laut masih belum memenuhi etika bisnis islam, di mana beberapa petani karet masih ada yang menjual getah karet dengan kualitas yang kurang baik dengan memasukan tatal dan menambahkan kadar air ke dalam getah karet dan pengurangan timbangan yang dilakukan oleh pengepul. Jika ditinjau dari etika bisnis islam transaksi jual beli getah karet di Desa Tajau Mulya masih belum memenuhi prinsip-prinsip etika bisnis islam yaitu prinsip menyampaikan (Tabligh), kejujuran (Shiddiq), dapat dipercaya (Amanah), dan keadilan. Jadi dalam transaksi jual beli tersebut hanya prinsip kehendak bebas saja yang sudah sesuai, hal tersebut dikarenakan dalam melakukan jual beli dilakukan atas dasar suka sama suka tanpa ada unsur paksaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:44
Last Modified: 03 Sep 2024 06:44
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27829

Actions (login required)

View Item View Item