EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Konsep Sabar Menurut Hamka dan M. Quraish Shihab: Analisis Tasawuf

Jannah, Raudatul (2024) Konsep Sabar Menurut Hamka dan M. Quraish Shihab: Analisis Tasawuf. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (250kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8kB)

ABSTRAK

Dalam menjalani kehidupan, setiap manusia pasti mengalami kesulitan. Berbagai macam ujian yang dihadapi, salah satunya adalah musibah. Cara untuk menyikapinya yaitu dengan bersabar. Penulis memilih topik tentang sabar karena rasa ingin tahu tentang kurang tepatnya pemahaman masyarakat muslim Indonesia tentang sabar yang hakiki. Penulis sering menemukan pengertian sabar yang diidentikkan dengan bertahan hidup dalam kemiskinan dan kemalangan atau terpaksa menerima musibah. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui konsep sabar menurut tafsir Hamka dan M. Quraish Shihab dan menganalisis sabar Hamka dan M. Quraish Shihab dalam analisis tasawuf. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan library research atau penelitian kepustakaan. Metode yang digunakan ialah metode analisis deskriptif yang menguraikan konsep pemikiran sang tokoh yaitu Hamka dan M. Quraish Shihab yang di peroleh dari data primer. Sumber data primer yang di peroleh menjadi bahan utama dalam penelitian ini berupa buku Yang Hilang dari Kita: Akhlak karya M. Quraish Shihab dan Tafsir Al-Azhar Juz 1 karya Hamka. Adapun sumber data sekunder sebagai data pelengkapnya berupa buku, artikel, dan jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah koleksi data, yaitu mengumpulkan data yang terkait dengan masalah yang di teliti. Data-data yang di peroleh kemudian di analisis agar mudah di pahami Hamka selalu menyebutkan kata sabar dengan diikuti kata tabah, tahan hati dan teguh. Sikap sabar adalah kunci ketika sedang dihadapkan dengan suatu ujian. Ketika sabar telah ada pada jiwa seseorang maka mereka tidak akan merasa takut dalam menghadapi musibah karena ada Allah yang selalu membantunya. Adapun konsep sabar yang diuraikan oleh M. Quraish Shihab adalah bila seseorang ditimpa musibah, dia akan menerima dengan sabar pada musibah yang terjadi itu agar semuanya bisa diterimanya, dengan berharap sesuatu yang lebih baik di kemudian hari.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 06 Sep 2024 02:14
Last Modified: 06 Sep 2024 02:14
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27843

Actions (login required)

View Item View Item