EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

penyelesaian perkara perceraian masyarakat dayak melalui lembaga kedamangan di kota palangka raya

Maulana, Rezky (2018) penyelesaian perkara perceraian masyarakat dayak melalui lembaga kedamangan di kota palangka raya. Skripsi, Syariah dan Ekonomi Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (335kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (937kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (793kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (518kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya beberapa masyarakat Adat Dayak yang melakukan perkawinan dan perceraian secara Adat Dayak di kota Palangka Raya, namun dalam masyarakat banyak yang kurang mengetahui mengenai perkawinan dan perceraian secara Adat tersebut. padahal perkawinan dan perceraian Adat sudah ada diatur dalam Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 16 tentang Kelembagaan Adat Dayak di Kalimantan Tengah. Rumusan masalah dalam skripsi ini ialah: penyelesaian perkara perceraian Adat Dayak melalui Lembaga Kedamangan, tinjauan perceraian Adat Dayak di kota Palangka Raya dalam Hukum Islam. Penelitian ini merupakan penelitian Hukum Normatif, dan teknik pengumpulan bahan hukum dilakukan dengan dokumentasi dikaji dengan beberapa dokumen dan bahan hukum yang ada dan berkaitan dan menggunakan pendekatan yang digunakan untuk mengkaji dan menganalisis peraturan yang bersangkutan dengan perceraian Adat Dayak. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di Lembaga Kedamangan kota Palangka Raya. Hasil penelitian ini menunjukkan: penyelesaian perkara perceraian Adat Dayak melalui Lembaga Kedamangan tahapan dimulai dengan pengajuan surat pengaduan, kemudian penyelidikan, pemanggilan para pihak, hingga putusan yang dikeluarkan oleh Lembaga Kedamangan. Status perceraian dari hasil putusan perceraian di Lembaga Kedamangan tidak dapat dikategorikan dalam jenis talak raj’i ataupun ba’in karena tidak ada ketentuan ‘iddah terhadap istri sehingga rujuk dapat dilakukan kapan pun.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Gustianor Guati Tyar
Date Deposited: 07 Aug 2018 02:27
Last Modified: 07 Aug 2018 02:27
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10258

Actions (login required)

View Item View Item