EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KISAH KELUARGA RASUL VERSI AL-QURAN (Studi Kisah Nabi Nuh as, Nabi Ibrahim as dan Nabi Luth as)

Rahmat, Sholihin (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM KISAH KELUARGA RASUL VERSI AL-QURAN (Studi Kisah Nabi Nuh as, Nabi Ibrahim as dan Nabi Luth as). Laporan Penelitian. Pusat Penelitian dan Penerbitan IAIN Antasari Banjarmasin.

[img] Text
2016 Kisah Keluarga Teladan versi Al-Quran.pdf

Download (820kB)

ABSTRAK

Al-Quran merupakan pedoman hidup bagi orang Islam. Diantara metode Al-Quran dalam memberikan peroman hidup adalah dengan cara kisah. Beberapa kisah keluarga teladan yang terdapat dalam al-Quran merupakan inspirasi untuk membangun sebuah negara yang kokoh. Bangsa yang besar dan kokoh tentulah terdiri dari pribadi-pribadi yang tumbuh di lingkungan keluarga yang terdidik. Dalam Al-Qur'an banyak terdapat potret keluarga sepanjang zaman. Ada potret keluarga saleh dan ada juga potret keluarga celaka. Potret-potret keluarga tersebut meskipun terjadi pada masa dan lingkungan yang berbeda dengan masa sekarang, akan tetapi ia tetap mengandung banyak hikmah dan pelajaran berharga yang senantiasa kekal sepanjang zaman. Penelitian ini mengkaji tentang kisah Nabi Nuh as, Nabi Ibrahim as dan Nabi Luth as yang merupakan tipe keluarga yang tidak semuanya beriman. Nabi Ibrahim as punya ayah (Ajar) yang tidak beriman, Nabi Luth as punya isteri yang masih ingkar, dan Nabi Nuh as punya isteri dan anak yang masih tidak percaya dengan ajaran yang datang dari Allah swt. Dari Kisah Nabi-nabi tersebut yang diuraikan dalam Al- Quran banyak memberikan inspirasi dan motivasi untuk terus konsisten dalam kebenaran, aktif dalam berdakwah walaupun mendapat tantangan, halangan dan rintangan, bahkan sekalipun penolakan itu datang dari kalangan keluarga terdekat. Itu semua merupakan ujian keimanan dan keislaman. Tugas Rasul hanyalah menyampaikan kebenaran, selebihnya merupakan hak prerogatif Allah swt untuk memberikan petunjukNya kepada siapa yang Dia kehendaki.

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: DR Rahmat Sholihin
Date Deposited: 26 Dec 2018 08:25
Last Modified: 26 Dec 2018 08:25
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10865

Actions (login required)

View Item View Item