EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Praktik Jual Beli Buah Kelapa Sawit di Desa Pantai Kecamatan Kelumpang Selatan Kabupaten Kotabaru

Jirin, M. Abu (2019) Praktik Jual Beli Buah Kelapa Sawit di Desa Pantai Kecamatan Kelumpang Selatan Kabupaten Kotabaru. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
AWAL.pdf

Download (995kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (14kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa kasus jual beli kelapa sawit yang dilakukan antara pedagang dan petani kelapa sawit. Dalam kasus itu, pedagang kelapa sawit memberikan pinjaman pada petani kelapa sawit dengan perjanjian dibayar dengan uang hasil penjualan kelapa sawit, sehingga pedagang kelapa sawit dapat menekan harga dan mengikat petani kelapa sawit agar tidak menjual hasil panen mereka ke pedagang lainnya. Akibatnya ada petani kelapa sawit yang untung dan ada juga yang rugi karena cara jual beli tersebut, sehingga perlu diteliti untuk di analisis. Masalah yang akan diteliti adalah bagaimana praktik jual beli buah kelapa sawit di Desa Pantai Kecamatan Kelumpang Selatan Kabupaten Kotabaru dan bagaimana pandangan Islam tentang praktik jual beli buah kelapa sawit di Desa Pantai Kecamatan Kelumpang Selatan Kabupaten Kotabaru Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat diskriptif kualitatif, yang berlokasi di Desa Pantai Kecamatan Kelumpang Selatan Kabupaten Kotabaru. Subjek penelitian ini adalah para pedagang dan petani kelapa sawit, sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah praktik jual beli buah kelapa sawit yang mereka lakukan. Pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, kemudian dianalisis secara kualitatif dengan mengacu pada ketentuan Islam tentang jual beli. Dari hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dalam praktik jual beli kelapa sawit di Desa Pantai Kecamatan Kelumpang Selatan Kabupaten Kotabaru pedagang memberikan harga lebih murah kepada petani yang terikat padanya, dan memotong uang hasil dari penjualan kelapa sawit mereka. Dan praktik jual beli tersebut tidak sesuai dengan apa yang diajarkan dalam Islam, Islam menerangkan dalam praktik jual beli harus ada unsur keadilan dan tolong menolong. Sementara praktik jual beli buah kelapa sawit di Desa Pantai Kecamatan Kelumpang Selatan Kabupaten Kotabaru tersebut menghasilkan dua kesimpulan yaitu : pertama, boleh karena pedagang dan petani dihati ada kerelaan sedangkan yang kedua yaitu: haram karena dihati tidak ada kerelaan dari petani kelapa sawit tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 16 Jan 2020 07:54
Last Modified: 16 Jan 2020 07:54
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13513

Actions (login required)

View Item View Item