EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pemahaman Dan Penanaman Nilai Sedekah Pada Anak Sekolah Dasar Tahfidz Khoiru Ummah 06 Banjarmasin

Rahmah, Aulia (2020) Pemahaman Dan Penanaman Nilai Sedekah Pada Anak Sekolah Dasar Tahfidz Khoiru Ummah 06 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (126kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (468kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf

Download (104kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (406kB)

ABSTRAK

Penelitian ini di latar belakangi akan penanaman dan pemahaman nilai sedekah, sedekah adalah sebuah usaha penting untuk diterapkan mulai sedari kecil karena akan membantu anak terbiasa untuk berjiwa sosial yang pada akhirnya anak akan memiliki sifat peduli terhadap orang lain, serta terlebih dari itu anak akan memiliki sifat kasih sayang terhadap sesamanya, peka terhadap lingkungan sosial, juga memahamkan kepada anak bahwasanya saling memberi sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat dan beragama. Fokus penelitian ini adalah pemahaman dan penanaman nilai sedekah pada anak sekolah dasar Thfidz Khoiru Ummah 06 Banjarmasin, peran guru dalam pemahaman dan penanaman nilai sedekah pada anak sekolah dasar Tahfidz Khoiru Ummah 06 Banjarmasin, dan perilaku siswa dalam penerapan nilai sedekah di Sekolah Dasar Tahfidz Khoiru Ummah 06 Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun objek penelitian ini adalah pemahaman dan penanaman nilai sedekah pada anak sekolah dasar Tahfidz Khoiru Ummah 06 Banjarmasin, sedangkan yang menjadi subjek penelitian adalah 1 kepala sekolah, 1 guru tsaqofah, 1 wali kelas IV, 1 wali kelasV yang mengajar di sekolah dasar Tahfidz Khoiru Ummah dan 3 orang siswa sekolah dasar Tahfidz Khoiru Ummah 06 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara, angket,dan dokumenter. Setelah data terkumpul, selanjutntya diproses melalui editing, klasifikasi data, dan interpretasi data, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah 1). Pemahaman dan penananaman nilai sedekah pada anak sekolah dasar Tahfidz Khoiru Ummah 06 Banjarmasin, ialah pemahaman siswa mengenai sedekah sehingga siswa dapat paham dan mengerti dan menjelaskan sendiri mengenai sedekah, serta dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 2). Metode yang digunakan guru dalam pemahaman dan penanaman nilai sedekah pada anak sekolah dasar Tahfidz Khoiru Ummah 06 Banjarmasin yakni metode pembiasaan dan keteladanan. 3). Perilaku siswa dalam penerapan nilai sedekah di sekolah dasar Tahfidz Khoiru Ummah 06 Banjarmasin ialah siswa biasanya melakukan kegiatan berbagi dengan teman sekelasnya, dan siswa melakukannya dengan senang hati tanpa ada paksaan dari siapapun bahkan dari guru sekalipun, sehingga siswa akhirnya terdidik memiliki perilaku yang peduli terhadap sesama dan peka terhadap orang lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AULIA AULIA RAHMAH AULIA RAHMAH
Date Deposited: 03 Mar 2020 02:02
Last Modified: 03 Mar 2020 02:02
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13835

Actions (login required)

View Item View Item