EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Partisipasi Politik Pemilih Pemula pada Pemilihan Kepala Desa Tahun 2019 di Desa Batu Ampar

Rahmawati, Eka (2020) Partisipasi Politik Pemilih Pemula pada Pemilihan Kepala Desa Tahun 2019 di Desa Batu Ampar. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (282kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Indonesia merupakan negara yang menggunakan sistem demokrasi yang mana kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat. Artinya seluruh warga negara mempunyai hak dan kewajiban untuk mengikuti kegiatan negara secara sukarela untuk mengambil bagian dalam proses pemilihan seorang pemimpin baik secara langsung atau tidak langsung serta dalam proses pembentukan kebijakan umum. Namun, apabila waktu pelaksanaan pemilihan seorang pemimpin tidak dilaksanakan pada hari libur dan pada saat ini banyak para pemilih pemula yang tidak berada di daerah yang melaksanakan pemilihan karena faktor pekerjaan dan pendidikan, sehingga mengakibatkan para pemilih pemula bisa terhambat untuk mengikuti kegiatan pemilihan seorang pemimpin. Pemilihan seorang pemimpin yang dilaksanakan hanya pada daerah tertentu saja/ dilakukan tidak pada pemilihan umum serentak adalah pemilihan Kepala Desa dan waktu pelaksanaannya tidak dijadwalkan pada hari libur. Keadaan demikian pada pemilihan Kepala Desa yang hanya dilakukan oleh daerah tertentu mengakibatkan para pemilih pemula yang memiliki hak suara sebagian tidak bisa mengikuti pemilihan Kepala Desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi politik pemilih pemula dan faktor pendukung serta penghambat pada pemilihan Kepala Desa tahun 2019 di Desa Batu Ampar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yakni penelitian hukum empiris, yang menggunakan fakta-fakta yang terjadi di lapangan sesuai dengan hukum yang dianut oleh pemilih pemula terhadap keikutsertaannya dalam pemilihan Kepala Desa yang didapat dari wawancara. Analisis data secara dekriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa partisipasi politik pemilih pemula pada pemilihan Kepala Desa tahun 2019 di Desa Batu Ampar ialah cukup signifikan dan banyak yang ikut berpartisipasi pada pemilihan Kepala Desa, hal ini ditunjukkan oleh 10 informan dari 16 informan menggunakan hak suaranya. Faktor yang mendukung pemilih pemula menggunakan hak suara adalah: 1. Faktor sosial ekonomi, 2. Faktor kesadaran politik, 3. Faktor karakteristik pribadi seseorang dan 4. Faktor sosialisasi. Sedangkan faktor yang menghambat pemilih pemula tidak menggunakan hak suara (golput) ialah: 1. Faktor keberadaan seseorang, 2. Faktor waktu pelaksanaan, 3. Faktor non-money politik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Lia Indria Lia Indriani Lia Indriani
Date Deposited: 03 Jul 2020 01:54
Last Modified: 03 Jul 2020 01:54
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14344

Actions (login required)

View Item View Item