EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengamalan Shalawat Wahidiyah Di Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu

Zauqy, Ridha (2020) Pengamalan Shalawat Wahidiyah Di Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu. Skripsi, Ushuluddin Dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (785kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (623kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (337kB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari adanya data tentang maraknya kelompok pengamal keagamaan di Kalimantan Selatan yang salah satunya adalah Shalawat Wahidiyah. Shalawat Wahidiyah diamalkan oleh masyarakat Kecamatan Angsana Kalimantan Selatan sebagai jawaban atas kemerosotan moral akibat modernisasi seperti meningkatnya pergaulan bebas, narkoba, judi, korupsi, dan berbagai tindak kejahatan lain. Dalam hal ini, Shalawat Wahidiyah dijadikan masyarakat Angsana sebagai benteng untuk menahan dampak negatif modernisasi tersebut. Melalui Shalawat Wahidiyah para pengamalnya seakan tidak bergeming terhadap efek￾efek negatif modernisasi. Komitmen mereka yang kuat tersebutlah yang mendorong peneliti untuk mengkaji lebih dalam tentang kelompok ini dalam bentuk penelitian. Rumusan masalah penelitian ini adalah: bagaimana pengamalan Shalawat Wahidiyah di Kecamatan Angsana dan bagaimana karakteristik Shalawat Wahidiyah. Sesuai dengan perumusan masalah, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengamalan Shalawat Wahidiyah di Kecamatan Angsana dan bagaimana karakteristik Shalawat Wahidiyah di Kecamatan Angsana. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan di mana sejumlah data yang diperlukan digali di lokasi penelitian. Objek materialnya adalah Shalawat Wahidiyah yang mencakup ajaran, amalan, dan adab berdzikir. Sedangkan objek formalnya berupa perspektif tarekat. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah pengamalan Shalawat Wahidiyah di Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu dan sumber data sekundernya berupa literatur-literatur yang isinya relevan dengan materi pembahasan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa Shalawat Wahidiyah adalah salah satu amalan ahli sunnah waljemaah yang diakui dan diikuti oleh sebagian masyarakat Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu. Adapun karakteristiknya, Shalawat Wahidiyah memiliki kecenderungan terhadap beberapa tarekat. Misalnya Tarekat Naqsabandiyah pada bagian amalan, Tarekat Sammaniyah pada adab berdzikir, dan Tarekat Syadziliyah pada ajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Depositing User: S.Ag Lilmushthafa Ridhallathif
Date Deposited: 10 Aug 2020 01:20
Last Modified: 10 Aug 2020 01:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14622

Actions (login required)

View Item View Item