EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

EFEKTIVITAS PEMANFAATAN ZAKAT PRODUKTIF OLEH MUSTAHIK PADA BAZNAS PROVINSI KALIMANTAN SELATAN DI KOTA BANJARMASIN

Tanujaya, Anindya Fenny (2020) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN ZAKAT PRODUKTIF OLEH MUSTAHIK PADA BAZNAS PROVINSI KALIMANTAN SELATAN DI KOTA BANJARMASIN. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
1. Pernyataan Keaslian Tulisan - Anindya.pdf

Download (87kB)
[img] Text
2. AWAL - Anindya.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK - Anindya.pdf

Download (14kB)
[img] Text
4. BAB I - Anindya.pdf

Download (483kB)
[img] Text
5. BAB II - Anindya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] Text
6. BAB III - Anindya.pdf

Download (293kB)
[img] Text
7. BAB IV - Anindya.pdf

Download (409kB)
[img] Text
8. BAB V - Anindya.pdf

Download (158kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA - Anindya.pdf

Download (164kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN - Anindya.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Studi ini bertujuan untuk menjelaskan konsep pendayagunaan zakat, infak, dan sedakah, tahap-tahap dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat dan efektivitas program pemberdayaan ekonomi masyarakat yaitu Program Pedagang 2 BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan. Salah satu permasalahan nyata yang dihadapi bangsa Indonesia adalah ketimpangan distribusi pendapatan dan kemiskinan. Dan solusi yang dapat diberikan untuk dapat mengurangi kemiskinan yaitu dengan upaya adanya kontribusi dari pihak yang mengeluarkan sebagian hartanya untuk diberikan kepada mereka yang membutuhkan dan pihak yang mampu menyalurkan dana zakat, infak, dan sedakah dengan efektif dan efisien. Maka dengan permasalahan tersebut penulis ingin meneliti sudah efektif atau tidak program pemberdayaan ekonomi masyarakat yaitu Program Pedagang 2 BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan di Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis metode deskriptif, yaitu masalah yang memandu peneliti untuk mengeksplorasi dan atau memotret situasi yang aan diteliti secara menyeluruh, luas dan mendalam. Teknik pengumpulan datanya dengan cara, penelitian lapangan survei, sedangkan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Penelitian ini menunjukkan bahwa BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan melakukan penyaluran atau pendayagunaan dana ZIS yaitu dengan membuat program-program pemberdayaan masyarakat. Pada program Pedagang 2 BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan, sudah berjalan efektif, dari wawancara 6 mustahik yang mewakili terbukti dapat mencapai tujuan dari program tersebut yaitu untuk kesejahteraan masyarakat, peningkatan pendapatan mustahik, dan peningkatan dari sosial dan keagamaan/ ruhiyah mustahik. BAZNAS Provinsi Kalimantan sudah berhasil memberdayakan mustahik di Banjarmasin, dengan memberikan dana bantuan untuk usaha kecil mustahik.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 03 Sep 2020 01:56
Last Modified: 03 Sep 2020 01:56
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14723

Actions (login required)

View Item View Item