EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pandangan Masyarakat Tentang Pernikahan Usia Dini di Desa Tatah Pamangkih Laut Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar

Rahman, Zainal (2021) Pandangan Masyarakat Tentang Pernikahan Usia Dini di Desa Tatah Pamangkih Laut Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pernikahan dini adalah adalah pernikahan yang biasanya dilakukan oleh pasangan muda mudi di bawah umur yaitu pada saat sekolah menengah pertama dan menengah ke atas. Remaja desa kebanyakan malu untuk menikah pada umur 20 tahun keatas, karena di desa ada anggapan atau mitos bahwa perempuan yang berumur 20 tahun keatas belum menikah berarti perawan tua. Untuk itu, dalam bayangan ketakutan yang tidak beralasan banyak orang tua yang menikahkan anaknya pada usia muda. Kondisi itulah yang menjadikan timbulnya persepsi bahwa remaja desa akan lebih dulu menikah dari pada remaja kota. Anggapan-anggapan tersebut muncul karena kurangnya pengetahuan dari masyarakat mengenai pentingnya pendidikan bagi remaja. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah pandangan masyarakat terhadap pernikahan usia dini serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua dan masyarakat yang 5 orang, serta pasangan yang menikah muda yang berjumlah 3 orang, sedangkan objek dari penelitian ini adalah pandangan masyarakat tentang pernikahan usia dini. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh melalui sumber data yaitu responden, informan dan dokumenter, kemudian diolah melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya data disajikan dan dianalisis dengan menggunakan proses pendekatan deskriptif kualitatif dan dengan menggunakan metode induktif dalam penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tentang pandangan masyarakat tentang pernikahan usia dini di desa Tatah Pamangkih Laut Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar dapat disimpulkan bahwa pandangan tentang pernikahan usia dini ada beberapa alasan yaitu orang tua menghindarkan dari fitnah dan pergaulan bebas, melakuakn zina dan berbuat maksiat. Selain itu juga karena alasan mengurangi beban orang tua disebabkan keuangan atau keterbatasan biaya serta pendapat masyarakat anak yang menikah terlalu tua akan dibilang perawan tua, dapat diatasi dengan diberikan pemahaman tentang menikah terlalu dini. Sedangkan faktor yang menyebabkan terjadinya pernikahan usia dini adalah faktor orang tua, faktor masyarakat, dan faktor lingkungan, semua faktor itu akan diiringi dengan kesadaran orang tua dan masyarakat akan dampak positif dan negatif dari pernikahan usia dini.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Depositing User: zainal rahman mislan
Date Deposited: 19 Feb 2021 02:40
Last Modified: 19 Feb 2021 02:40
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15470

Actions (login required)

View Item View Item