EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PEMBELAJARAN MATERI TAHARAH DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 2 BANJARMASIN

Hikmah, Nurul (2021) PEMBELAJARAN MATERI TAHARAH DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 2 BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN .pdf

Download (286kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (462kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang melibatkan berbagai komponen yang saling berhubungan satu sama lain yang dilaksanakan secara sistematis guna mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Melalui pembelajaran materi taharah diharapkan siswa mampu memahami dan mengamalkan taharah dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan Alquran dan Sunnah. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran materi taharah di MTs Muhammadiyah 2 Banjarmasin serta faktor pendukung dan penghambat pemahaman siswa terhadap materi taharah di MTs Muhammadiyah 2 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 1 orang guru Fikih dan siswa kelas VII, VIII, dan IX yang berjumlah 26 orang siswa, sedangkan objek penelitiannya adalah pembelajaran materi taharah di MTs Muhammadiyah 2 Banjarmasin serta faktor pendukung dan penghambat pemahaman siswa terhadap materi taharah di MTs Muhammadiyah 2 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses melalui editing, klasifikasi data dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran materi taharah di MTs Muhammadiyah 2 Banjarmasin tahun pelajaran 2020/2021 dilaksanakan secara daring selama pandemi Covid-19 berdasarkan kebijakan Kemendikbud agar belajar dari rumah guna mencegah penyebaran virus Covid-19. Dari segi perencanaan guru Fikih tidak membuat perangkat rencana pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran secara daring berjalan sangat singkat dan sederhana. Interaksi antara guru dan siswa bisa dikatakan sangat kurang sekali karena siswa kurang aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Guru juga tidak melakukan inovasi untuk meningkatkan pembelajaran materi taharah secara daring. Sumber pelajaran yang digunakan yaitu buku pegangan siswa dan guru, internet seperti website dan youtube. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran materi taharah secara daring masih bisa terlaksana walaupun harus melalui beberapa kendala. Penilaian mencakup seluruh aspek yaitu aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotor dengan teknik tes, observasi dan keterampilan. Adapun faktor pendukung dan penghambat pemahaman siswa terhadap materi taharah yaitu faktor internal yang dilihat dari aspek fisiologis dan aspek psikologis. Adapun faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, lingkungan madrasah, lingkungan masyarakat, sarana dan prasarana.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Wita Islamiah Islamiah
Date Deposited: 22 Feb 2021 02:32
Last Modified: 22 Feb 2021 02:32
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15491

Actions (login required)

View Item View Item