EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

ANALISIS PENERAPAN AKAD MURABAHAH KONTEMPORER PADA BANK SYARIAH MANDIRI BRANCH OFFICE BARABAI

Setyanoor, Erwan (2020) ANALISIS PENERAPAN AKAD MURABAHAH KONTEMPORER PADA BANK SYARIAH MANDIRI BRANCH OFFICE BARABAI. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
1. PERNYATAAN ASLI.pdf

Download (460kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK idr.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I idr.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB II idr.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)
[img] Text
BAB III idr.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB IV idr.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB V idr.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Lampiran idr.pdf

Download (508kB)

ABSTRAK

Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang banyak dibahas oleh para akademisi, praktisi, maupun ilmuwan muslim saat ini mengenai produk bank syariah dengan menerapkan akad murabahah kontemporer oleh Bank syariah mandiri branch office Barabai. Peneltian ini menarik untuk dikaji karena dilatar belakangi mengenai adanya penerapan akad murabahah yang dipraktekkan dilapangan diperkirakan berbeda dengan dengan akad murabahah secara literatur klasik, perbedaan ini bisa berakibat pada batalnya suatu akad. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan akad murabahah kontemporer pada bank syariah mandiri branch office Barabai, apakah penerapannya sudah sesuai dengan ketentuan mengenai sahnya suatu akad. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris dengan fokus kajian pada akad murabahah yang diterapkan bank syariah mandiri syariah branch office Barabai Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dimana peneliti langsung meneliti ke tempat terjadinya masalah dengan wawancara dan observasi guna mendapatkan data- data yang diperlukan, data yang sudah didapatkan, setelah itu dijabarkan kemudian dianalisis secara kualitatif, subjek dari penelitian ini adalah staf bank syariah mandiri branch office Barabai. Melalui teknik pengumpulan data secara observasi dan wawancara, maka diperolehlah hasil penelitian, pertama terdapat adanya perbedaan dalam pelaksanaannya saat dilapangan yang berakibat akan menjadi batalnya akad murabahah, perbedaan ini terletak pada pendelegasian nasabah oleh bank syariah untuk membeli objek akad. Kedua akad murabahah kontemporer tetap bisa dijalankan selama masih berada dalam aturan syariah, ketiga solusi untuk permasalahan mengenai hal ini adalah sebagai berikut pertama waktu penandatanganan akad wakalah beserta akad murabahah antara bank syariah dengan nasabah dilakukan dilakukan dalam dua waktu berbeda dan serta merta nasabah telah menyertakan purcahase order pembelian barang. kedua agar side streaming (perbedaan realisasi penggunaan dana pembiayaan dengan komitmen yang diakadkan dengan bank syariah) tidak terjadi maka satu dari pihak perbankan syariah haruslah ikut mengawal atau membantu dalam pembelian barang sesuai akad kepada pemasok.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 24 Mar 2021 00:10
Last Modified: 24 Mar 2021 00:10
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15977

Actions (login required)

View Item View Item