EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

SEJARAH AKTIVITAS PENDIDIKAN ISLAM DI MASJID JAMI’ SUNGAI JINGAH BANJARMASIN

Nugroho, Agung (2021) SEJARAH AKTIVITAS PENDIDIKAN ISLAM DI MASJID JAMI’ SUNGAI JINGAH BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Surat Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (829kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (755kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Sejarah merupakan sebuah kejadian yang terjadi pada masa lampau yang diikuti dengan fakta dan keterangan yang nyata sebagai acuan pendidikan yang bisa dijadikan pelajaran ataupun suatu peristiwa yang bisa dilaksanakan secara terus menerus. Aktivitas berarti suatu gerak kegiatan yang melibatkan jasmani maupun rohani. Pendidikan Islam yakni sebuah usaha sadar dari seorang pendidik yang diberikan kepada peserta didik dalam membina dan membentuk kepribadian untuk masa depannya yang sesuai dengan ajaran yang terdapat di dalam Al-Qur’an dan Hadits Nabi Muhammad Sholallahu Alaihi Wasallam. Masjid ialah sebagai sebuah wadah awal dalam dunia pendidikan Islam yang tujuannya bukan hanya sebatas tempat peribadatan umat Islam saja, melainkan juga sebagai lembaga pendidikan yang mampu menjadikan umat Islam pribadi yang berakhlak dan berilmu, salah satunya pada Masjid Jami’ Sungai Jingah Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sejarah Masjid Jami’ Sungai Jingah Banjarmasin dan untuk mengetahui bagaimana aktivitas pendidikan Islam di Masjid Jami’ Sungai Jingah Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian badan pengurus Masjid Jami’ Sungai Jingah Banjarmasin. Sedangkan objek penelitian ini adalah sejarah aktivitas pendidikan Islam di Masjid Jami’ Sungai Jingah Banjarmasin. Alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Miles dan Huberman yang dilakukan dengan tahap pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan menunjukan bahwa sejarah Masjid Jami’ Sungai Jingah Banjarmasin didirikan pada hari sabtu, 17 Syawal 1195 H bertepatan dengan tahun 1777 M (lebih kurang 243 tahun yang lalu), tepatnya pada masa Pemerintahan Sultan Tamjidillah. Masjid Jami’ Banjarmasin ini awalnya berlokasi di tepi Sungai Martapura, kemudian dilakukan pemindahan, pemindahan dilakukan pada tahun 1932 M di jalan Masjid Jami RT 03 RW 01 Nomor 01 Kelurahan Antasan kecil Timur Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin, dan dua tahun kemudian pembangunan selesai dikerjakan yang kemudian dinamakan dengan Masjid Jami’ Sungai Jingah Banjarmasin. Masjid Jami’ sejak zaman KH. M. Hanafi Gobit sudah aktif dalam kegiatan keagamaan majelis ta’lim yang kemudian terus berkembang dan di bangun 5 lembaga pendidikan Islam yakni, TK Islam Bakti, TPA (BKPRMI), Ponpes Hunafaa, TPA (LPTQ) dan STAI Al-Jami’.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LA History of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 05 Jul 2021 02:10
Last Modified: 05 Jul 2021 02:10
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16401

Actions (login required)

View Item View Item