EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

BABILANGAN DALAM PENENTU JODOH PADA MASYARAKAT BANJAR (Relasi Hukum Adat dan Hukum Agama)

Arina, Rozana Zulfa (2021) BABILANGAN DALAM PENENTU JODOH PADA MASYARAKAT BANJAR (Relasi Hukum Adat dan Hukum Agama). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (175kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (808kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (495kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (650kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (341kB)

ABSTRAK

Adapun jenis penelitian ini adalah jenis penelitian hukum normatif, pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini antara lain dengan pendekatan sejarah (historical approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach). Penelitian ini menggunakan bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Adapun teknik dalam pengumpulan data tersebut yaitu berupa dengan studi dokumenter dan wawancara. Selanjutnya, menganalisisnya secara kualitatif, dan hasilnya disimpulkan secara khusus. Hasil dari penelitian ini menunjukan Konsep babilangan jodoh pada sebagian masyarakat Banjar merupakan tradisi berdasarkan perhitungan yang brsifat subjektif yang dikuatkan oleh pengalaman-pengalaman yang spiritual secara turun temurun. Tujuannya untuk mencapai kemaslahatan setelah pernikahan. Yakni rumah tangga yang sakinah mawaddah dan rahmah serta mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan dalam rumah tangga. Relasi hukum adat dan hukum Islam mengenai Babilangan Jodoh dalam hukum adat perkawinan pada sebagian masyarakat Banjar adalah relasi dengan tinjauan maslahah mursalah, aspek rasionalitas bahwa babilangan jodoh sebagai upaya manusia mencapai kebahagiaan pernikahan dengan memaksimalkan fungsi akal dan ilmu pengetahuan, dan sebagai upaya mewujudkan kemaslahatan dan mencegah maupun menghilangkan kesulitan. Sehingga mengenai Babilangan Jodoh pada proses pencarian jodoh sampai resepsi acara perkawinan sangat erat guna menciptakan keluarga yang harmonis, sedangkan dalam hukum Islam mengenai Babilangan jodoh merupakan ikhtiar untuk guna lebih kehati-hatian dalam memilih pasangan yang bakal sehidup bersama menciptakan keluarga sakinah mawaddah dan warahmah. Hukum Islam Terhadap tradisi Babilangan Jodoh dalam hukum adat perkawinan pada sebagian masyarakat Banjar, Babilangan Jodoh merupakan suatu tradisi pada sebagian masyarakat Banjar, sedangkan pada aspek hukum Islam tidak akan bertentangan pada ajaran Islam selagi tidak adanya penyimpangan dalam tradisi tersebut, namun terlepas pada hal ini semua pada ketentuan memakai syariat dengan melakukan babilangan yang sudah menjadi kebiasaan sebagian masyarakat Banjar. Babilangan Jodoh hanya sebagai perantara dan berupa suatu ikhtiar dalam memilih jodoh yang baik yang tidak terlepas pada berdo‟a kepada Allah SWT dan melakukan sholat Istikharah dalam menentukan sesuatu dan berhati-hati dalam mencari jodoh karena urusan perkawinan merupakan hal yang sakral ditambah dalam hukum Islam sebuah perkawinan jangan sampai terjadi perceraian karena sebuah perceraian sangat di benci oleh Allah SWT.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:19
Last Modified: 19 Jan 2022 04:19
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17941

Actions (login required)

View Item View Item