EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERAN KEPEMIMPINAN PENGURUS PANTI ASUHAN DALAM UPAYA MENCIPTAKAN GENERASI YANG RABBANI (STUDI KASUS DI PANTI ASUHAN YATIM MUHAMMADIYAH KOTA BANJARMASIN)

Sadad, Sadad (2021) PERAN KEPEMIMPINAN PENGURUS PANTI ASUHAN DALAM UPAYA MENCIPTAKAN GENERASI YANG RABBANI (STUDI KASUS DI PANTI ASUHAN YATIM MUHAMMADIYAH KOTA BANJARMASIN). Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN - Sadad.pdf

Download (153kB)
[img] Text
ABSTRAK-Sadad.pdf

Download (38kB)
[img] Text
AWAL-Sadad.pdf

Download (862kB)
[img] Text
BAB I-Sadad.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB II-Sadad.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB III-Sadad.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB IV-Sadad.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB V-Sadad.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-Sadad.pdf

Download (146kB)
[img] Text
LAMPIRAN-Sadad.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak yatim yang belum mendapatkan pendidikan dan pengetahuan keagaamaan dikarenakan peran dan kepemimpinan yang kurang efektif. Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kota Banjarmasin Sejak awal berdiri tentunya telah melalui banyak fase sehingga lebih memahami karakter dari anak asuh sehingga memungkinkan untuk memiliki sistem kepemimpinan yang baik dalam mengayomi dan mendidik anak asuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Kepemimpinan Pengurus Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kota Banjarmasin dalam membimbing dan mengajari anak asuhnya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan ialah kualitatif yang kemudian disajikan secara deskriptif, yaitu dengan cara menguraikan, menjelaskan, dan menggambarkan sesuai dengan permasalahan yang erat dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah bahwa Peran Kepemimpinan Pengurus Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kota Banjarmasin dalam upaya untuk menciptakan Generasi Rabbani telah dilaksanakan, pengurus panti asuhan dapat dengan baik mengayomi dan mendidik anak asuhnya baik melalui pembelajaran langsung maupun melalui pendekatan secara persuasif agar bisa mengetahui karakter dari setiap anak asuhnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pengurus telah menjalankan perannya dengan optimal untuk menciptakan Generasi Rabbani, peran kepemimpinan yang dilakukan oleh pengurus dalam mengayomi dan cara didikan yang diterapkan terbilang sangat efektif untuk meningkatkan kemandirian dan pemahaman keagamaan bagi anak asuhnya, disamping itu sulitnya menentukan program yang tepat dan minimnya dana menjadi hambatan bagi pengurus dalam menjalankan program kegiatan. Dengan demikian peran kepemimpinan pengurus panti asuhan sudah sangat bagus, namun tetap perlu ditingkatkan lagi untuk pendekatannya karena karakter dan kondisi emosional anak asuh yang sewaktu-waktu bisa saja berubah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:09
Last Modified: 27 Jan 2022 03:09
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18098

Actions (login required)

View Item View Item