EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

إستراتيجية مدرس اللغة العربية حول تعليم مهارة القراءة في المدارس الثانوية الحكومية الإسلامية بنجرماسين "Strategi Guru Bahasa Arab Mengenai Maharoh Qiro’ah di MA Negeri se-Banjarmasin"

Ramadhani, Akmal Zaid (2021) إستراتيجية مدرس اللغة العربية حول تعليم مهارة القراءة في المدارس الثانوية الحكومية الإسلامية بنجرماسين "Strategi Guru Bahasa Arab Mengenai Maharoh Qiro’ah di MA Negeri se-Banjarmasin". Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
surat pernyataan.pdf

Download (75kB)
[img] Text
awalan tesis.pdf

Download (803kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (477kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (625kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (538kB)
[img] Text
bab 4.pdf

Download (880kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (415kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (576kB)
[img] Text
lampiran - tesis.pdf

Download (891kB)

ABSTRAK

Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting di samping tiga keterampilan berbahasa lainnya. Hal ini karena membaca merupakan sarana untuk mempelajari dunia lain yang diinginkan sehingga manusia bisa memperluas pengetahuan, bersenang-senang, dan menggali pesan-pesan tertulis dalam bahan bacaan. Begitu pula dalam pembelajaran bahasa Arab, keterampilan membaca merupakan keterampilan yang penting. Siswa yang mengikuti kelas bahasa Arab dituntut untuk mampu membaca teks bahasa Arab, baik dalam melafalkannya maupun dalam menafsirkan atau memahami isi dari teks bahasa Arab yang mereka baca. Namun, pemahaman terhadap teks tertulis merupakan suatu proses kegiatan yang tidaklah mudah sehingga ditemui berbagai kendala yang dialami baik oleh siswa maupun guru. Berdasarkan permasalahan tersebut untuk menentukan strategi yang tepat maka diperlukan informasi terkait kendala yang dialami. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kendala yang dihadapi dan strategi yang diterapkan dalam mengatasi kendala tersebut. Adapun tujuan penelitian ini berdasarkan rumusan masalah tersebut yaitu: (1) Mendeskripsikan kendala yang dihadapi siswa kelas XI di MA Negeri se-Banjarmasin, (2) mengetahui strategi guru bahasa Arab dalam keterampilan membaca di MA Negeri se-Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif, yaitu suatu bentuk pengumpulan data. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan bersama guru Bahasa Arab dan lima orang siswa kelas XI masing-masing sekolah. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik diskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah informasi kendala yang dihadapi oleh siswa dan guru yang ditinjau dari aspek linguistik dan nonlinguistik dan strategi yang diterapkan guru untuk mengatasi kendala yang dihadapi. Berdasarkan tinjauan linguistik diperoleh enam kendala yang dihadapi siswa sedangkan untuk tinjauan aspek nonlinguistik ada delapan kendala. Dari sekian kesulitan yang dihadapi siswa, guru bahasa Arab MA Negeri 1, 2, dan 3 Banjarmasin menerapkan enam macam strategi untuk mengatasi kesulitan membaca Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 31 Mar 2022 00:31
Last Modified: 31 Mar 2022 00:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18933

Actions (login required)

View Item View Item