EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peranan K.H. Ali Mustafa Yaqub Dalam Memfilter Hadis-Hadis Populer di Indonesia

Aidah, Pitrotul and Sagir, Akhmad and Hasan, Muhammad and Khaldun, Ibnu (2021) Peranan K.H. Ali Mustafa Yaqub Dalam Memfilter Hadis-Hadis Populer di Indonesia. In: WEBINAR INTERNASIONAL ULAMA TAFSIR DAN HADIS DI NUSANTARA Tema: “Khazanah Ulama Nusantara dalam Pembentukan Peradaban Islam”, 6 Februari 2021, Samarinda.

[img] Text
2. 2021 Feb. Prociding Intern. UKM-IAIN Samarinda (isi h. 198).pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Latarbelakang penelitian ini karena adanya sosok ulama karismatik dalam bidang hadis indonesia yaitu KH. Ali Mustafa Yaqub. Pemikiran beliau dalam bidang hadis sangat bermanfaat dan memiliki peran penting terhadap perkembangan keilmuan hadis dan proses memfilter hadis yang ada di Indonesia. Usaha beliau dalam mengajarkan, melestarikan dan menjaga hadis melalui pengkaderan ulama tidak hanya di indonesia namun bahkan ke mancanegara. Sehingga, tulisan ini perlu dilakukan untuk melihat usaha beliau dalam melestarikan dan memfilter hadis yang tersebar di masyarakat Indonesia. Metode yang digunakan adalah library research dengan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa K.H. Ali Mustafa Yaqub selama hidup beliau memiliki peran yang sangat penting dalam menyaring hadis di Indonesia. Adapun peran tersebut seperti mendirikan pesantren Darus Sunah, mengkader ulama dalam bidang hadis, menulis karya-karya yang telah dicek kualitasnya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Dr Ahdie Anwary
Date Deposited: 12 Apr 2022 01:06
Last Modified: 12 Apr 2022 01:06
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19011

Actions (login required)

View Item View Item