EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Coping Stres Mahasiswa Yang Tinggal Didaerah Sulit Internet Dalam Menghadapi Perkuliahan

SHALEHAH, JAMILATUS and Sagir, Akhmad and HAIRIN, YULIA (2021) Strategi Coping Stres Mahasiswa Yang Tinggal Didaerah Sulit Internet Dalam Menghadapi Perkuliahan. In: PROSIDING Temu Ilmiah Nasional Volume 1, Tahun 2021, 11-12 Agustus 2021, Jakarta.

[img] Text
3. 2021 11-12 Agust 2021 Prociding TIN Univ. Pancasila Jkt. h. 292-308 ; Jamilatus S.-A. Sagir,-Yulia.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pandemi COVID-19 menambah permasalahan dan hambatan yang dihadapi oleh mahasiswa. Pemberlakuan kebijakan pembatasan kegiatan membuat segala kegiatan termasuk proses perkuliahan dilakukan secara online. Akses internet menjadi hal yang penting dalam proses perkuliahan online namun ketika mahasiswa tinggal di daerah tempat yang sulit sinyal internet, hal ini tentunya akan membuat mahasiswa mengalami kendala dan memicu kondisi stres. Penelitian bertujuan mengetahui lebih dalam mengenai strategi coping yang dilakukan mahasiswa yang tinggal di daerah yang sulit sinyal selama mengikuti perkuliahan secara online di masa pandemi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus kepada tiga orang subyek penelitian. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang sedang mengikuti kuliah secara daring di tengah pandemi Covid-19, selain itu ketiga responden juga sekarang tinggal di di daerah sulit sinyal internet. Subyek penelitian diperoleh secara personal dimana hubungan peneliti dengan subyek dekat. Dari hasil penelitian ini terdapat beberapa bentuk strategi coping yang digunakan oleh ketiga subyek dalam penelitian ini yaitu problem focused coping yaitu terpusat pada masalah, antara lain mencari sinyal di tempat yang lebih mudah akses internetnya, menghubungi dosen untuk meminta toleransi. Sedangkan untuk emotion focused coping antara lain pengalihan dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa mengalihkan perasaan stress yang dirasakan, dan juga melakukan coping religious.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Dr Ahdie Anwary
Date Deposited: 12 Apr 2022 01:10
Last Modified: 12 Apr 2022 01:10
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19012

Actions (login required)

View Item View Item