EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KONSEP DEMOKRASI DI INDONESIA MENURUT ETIKA POLITIK IMAM AL- GHAZALI

NURBAINAH, NURBAINAH (2022) KONSEP DEMOKRASI DI INDONESIA MENURUT ETIKA POLITIK IMAM AL- GHAZALI. Skripsi, Fakultas Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (234kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (993kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Nurbainah, 2022. Konsep Demokrasi Di Indonesia Menurut Etika Politik Imam Al-Ghazali Skripsi, Jurusan Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah. Pembimbing : (I) Sulaiman Kurdi, S.Ag, M.Si., (II) Sarmiji Asri, S.Ag., M.HI. Kata kunci : Demokrasi, Etika, Politik, Al-Ghazali Demokrasi merupakan gagasan yang mengandaikan bahwa kekuasaan itu adalah dari, oleh dan untuk rakyat. Artinya kekuasaan itu pada pokoknya diakui berasal dari rakyat. Oleh karena itu, rakyatlah yang sebenarnya menentukan dan memberi arah, serta yang mengontrol kehidupan kenegaraan.Sedangkan menurut al-Ghazali kekuasaan tertinggi berada di tangan Tuhan. Maksudnya ialah kekuasaan tertinggi itu atas legistimasi religius atau berdasarkan hukum-hukum Allah. Karena menurut al-Ghazali kepala negara merupakan pelindung Allah dimuka bumi yang tentunya berkewajiban untuk menggunakan hukum-hukum Allah dalam mengontrol semua proses kenegaraan. Penelitian ini didasarkan pada asumsi awal bahwa konsep demokrasi dalam pandangan etika politik Imam al-Ghazali memiliki kontradiksi menegenai sistem demokrasi, dimana kedaulatan berada ditangan rakyat. Oleh sebab itu, perlu adanya penelitian-penelitian yang lebih spesifik mengenai konsep demokrasi di Indonesia menurut etika politik Imam al-Ghazali. Apakah memang benar konsep demokrasi di Indonesia memang seratus persen bertolak belakang dengan sistem pemerintahan yang Imam al-Ghazali kehendaki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep demokrasi di Indonesia menurut etika politik Imam al-Ghazali. Penelitian ini termasuk penelitian pustaka (library reseacrh), dengan teknik diskriptif analitik. Sedangkan sumber data primer yang digunakan adalah salah satu kitab Imam alGhazali yang berjudul Al- Tibr Al-Masbuk Fi Nasihat Al-Mulk terbitan Darul Kutub Al-Ilmiyah Tahun 1988. Dalam penelitian ini ada dua hal penting yang ditemukan. Pertama, sistem pemerintahan dari,oleh dan untuk rakyat secara makna sangat tidak sejalan dengan sistem pemerintahan yang digagas oleh al-Ghazali, dimana kekuasaan tertinggi berada ditangan Tuhan. Yang artinya segala ketentuan yang menyangkut tata kelola pemerintahan berdasarkan legistimasi religius atau berdasarkan syari’at Islam. Kedua, Secara makna sistem pemerintahan yang digagas al-Ghazali tidak sejalan dengan konsep demokrasi. Tetapi dalam segi praktek dan implementasi sistem pemerintahan yang digagas oleh al-Ghazali juga tidak seratus persen bertolak belakang dengan sistem demokrasi Indonesia.Sebab dalam segi praktek kenegaraan sistem pemerintahan al-Ghazali juga terdapat prinsip dan ciri dari negara demokrasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2022 01:10
Last Modified: 20 Jun 2022 01:10
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19398

Actions (login required)

View Item View Item