EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

HUBUNGAN REGULASI EMOSI DENGAN SELF AWARENESS SISWA DI SMAN 7 BANJARMASIN

Namira Hafizhah, Namira Hafizhah (2022) HUBUNGAN REGULASI EMOSI DENGAN SELF AWARENESS SISWA DI SMAN 7 BANJARMASIN. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (252kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (564kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (586kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (972kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa. Masa remaja secara tradisional dikenal dengan periode badai dan tekanan, masa dimana ketegangan emosi meningkat sebagai akibat perubahan fisik dan hal lainnya. Pada tingkat SMA dimana masa remaja merupakan periode transisi perkembangan antara masa anak-anak dengan masa dewasa. Regulasi emosi yang tidak stabil akan membuat seseorang rentan mengamai rasa kecewa, marah, sedih, perasaan mendendam. Perasaan mudah emosi ini dapat berkurang salah satunya dengan self awareness atau yang disebut kesadaran diri. Tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) untuk mengetahui tingkat regulasi emosi siswa di SMAN 7 Banjarmasin, (2) untuk mengetahui tingkat self awareness siswa di SMAN 7 Banjarmasin, dan (3) untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan self awareness siswa di SMAN 7 Banjarmasin, dengan hipotesis terdapat hubungan positif yang signifikan antara regulasi emosi dan self awareness. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 233 siswa di SMAN 7 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala yang dimodifikasi dari skripsi milik Khairunnisa Wahda untuk variabel regulasi emosi, dan skala yang telah valid serta reliabel dari skripsi Astri Fhatmawati untuk variabel self awareness. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tingkat regulasi emosi pada siswa di SMAN 7 Banjarmasin berada dikategori tinggi, yaitu dengan persentase sebesar 85,0%, (2) tingkat self awareness pada siswa di SMAN 7 Banjarmasin paling banyak berada dikategori tinggi, yaitu dengan persentase sebesar 87,6% dan (3) terdapat korelasi positif yang signifikan antara regulasi emosi dengan self awareness (r = 0,723 dan p = 0,000 < 0,05), artinya semakin tinggi regulasi emosi siswa, maka semakin tinggi juga kesadaran yang ada pada diri para siswa. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah regulasi emosi siswa, maka semakin rendah juga kesadaran yang ada pada diri para siswa, sehingga hipotesis diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 28 Jul 2022 05:33
Last Modified: 28 Jul 2022 05:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19795

Actions (login required)

View Item View Item