EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

IMPLEMENTASI INOVASI PROGRAM HOLI DI TK ISLAM TERPADU AL ABROR KAPUAS KALIMANTAN TENGAH

Noranisah, Noranisah (2022) IMPLEMENTASI INOVASI PROGRAM HOLI DI TK ISLAM TERPADU AL ABROR KAPUAS KALIMANTAN TENGAH. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN_Noranisah.pdf

Download (121kB)
[img] Text
AWALAN_Noranisah.pdf

Download (985kB)
[img] Text
ABSTRAK_Noranisah.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I_Noranisah.pdf

Download (632kB)
[img] Text
BAB II_Noranisah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] Text
BAB III_Noranisah.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB IV_Noranisah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_Noranisah.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA _Noranisah.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN_Noranisah.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini Holi merupakan singkatan dari Home Literacy (rumah literasi), program salah satu inovasi belajar dari rumah berupa pendidik berkunjungan ke rumah peserta didik, dengan membawa buku dan kegiatan bermain untuk anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi inovasi program Holi di TK Islam Terpadu Al Abror Kapuas Kalimantan Tengah. Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi inovasi program Holi di TK Islam Terpadu Al Abror Kapuas Kalimantan Tengah. Metode penelitian secara kualitatif dengan subjek penelitian 1 kepala sekolah, 3 orang guru, dan 6 orang tua peserta didik TK Islam Terpadu Al Abror Kapuas Kalimantan Tengah. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara induktif yaitu menarik kesimpulan, dengan tahap pengumpulan data berupa tahap editing, koding, dan klasifikasi. Hasil penelitian ini adalah peserta didik tertarik dengan buku, komunikasi lebih terjalin antara guru, orang tua, dan peserta didik, guru menyukai membaca buku dan kompoten dalam merancang kegiatan bermain yang beracuan pada buku. Hal yang mendukung dan menghambat implementasi inovasi program Holi di TK Islam Terpadu Al Abror Kapuas meliputi orang tua yang mendukung, buku-buku sebagai penunjang, perencanaan yang tersusun secara matang dengan kesepakatan bersama, fasilitas media dan alat atau bahan permainan edukatif yang menjadi selingan, guru mengajar dengan menyenangkan, dan adanya kemauan anak untuk mengikuti Holi. Faktor penghambatnya adalah manajemen waktu, pengajar kesulitan merancang dan menemukan kegiatan main serta anak sesuai dengan media atau alat dan bahan permainan edukatif judul buku yang akan dibacakan, fokus anak yang teralihkan, tidak ada komunikasi orang tua dan anak, sehingga membuat anak belum siap dan kurang bersemangat mengikuti kegiatan ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 01 Aug 2022 00:36
Last Modified: 01 Aug 2022 00:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/19976

Actions (login required)

View Item View Item