EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

TANGGUNG JAWAB ORANGTUA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK DI DESA KERTAK HANYAR 2 KAB. BANJAR

Makiy, Mohammad (2022) TANGGUNG JAWAB ORANGTUA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK DI DESA KERTAK HANYAR 2 KAB. BANJAR. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN001.pdf

Download (186kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (636kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Menjadikan anak yang sholeh dan sholehah, anak yang berbakti pada nusa dan bangsa dan memiliki akhlak yang baik adalah impian semua orangtua. Setiap anak yang lahir didunia pasti hidupnya ditentukan orangtuanya dalam mendidik dan mau diarahkan kemana anaknya tersebut. Oleh karena itu penting halnya orangtua bertanggung jawab atas anaknya terutama dalam pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggung jawab orangtua terhadap pendidikan agama Islam anak di desa Kertak Hanyar 2 kab. Banjar yang meliputi yang meliputi tentang peranan orangtua dalam mendidik pendidikan agama Islam anak, cara mendidik anak dalam mengajarkan Pendidikan agama Islam, dan menyekolahkan anak di suatu lembaga pendidikan. Serta faktor pendukung dan penghambat yang dialami oleh setiap orangtua di desa Kertak Hanyar 2 Kab. Banjar. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang-orang dan perilaku yang diamati dengan pendekatan induktif. Objek dalam penelitian ini ialah tanggung jawab orangtua terhadap pendidikan agama Islam anak di desa Kertak Hanyar 2 Kab. Banjar, sedangkan subjeknya ialah orangtua di desa Kertak Hanyar 2 Kab. Banjar sebanyak 10 orang. Pengambilan data diambil dengan cara observasi, wawancara, dan dokumntasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan ialah Editing, Klasifikasi, dan Interpretasi Data setelah itu penulis mengadakan analisis data menggunakan teknik analisis data deskriftif Kualitatif, yaitu menggambarkan keadaan data ke dalam bentuk kalimat atau uraian sehingga terlihat jelas bagaimana Tanggung Jawab Orangtua Terhadap Pendidikan Agama Islam Anak di Desa Kertak Hanyar 2. Selanjutnya di tarik kesimpulan dengan menggunakan metode indukti, yaitu menarik kesimpulan dari hal yang khusu menjadi hal yang umum. Hasil dalam penelitian ini bahwa tanggung jawab orangtua terhadap pendidikan agama Islam anak di desa Kertak Hanyar 2 Kab. Banjar sudah terpenuhi sebagai kewajiban mereka menjadi orangtua yang bertanggung jawab kepada anak-anak mereka. kemudian latar belakang orangtua, ketersediaan waktu, sarana dan prasarana, faktor ekonomi, dan lingkungan sekitar yang sangat memepengaruhi dalam pendidikan anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 08 Aug 2022 06:44
Last Modified: 08 Aug 2022 06:44
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20168

Actions (login required)

View Item View Item