EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Era New Normal di SMA Negeri Kota Banjarmasin

Octaviani, Nur Danisia (2022) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Era New Normal di SMA Negeri Kota Banjarmasin. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (224kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (712kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (553kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pandemi Covid-19 yang melanda ke seluruh penjuru dunia, yang telah mempengaruhi tatanan kehidupan di berbagai lini. Sejak Juni 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan penyesuaian kebijakan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 sebagai bentuk adaptasi kebiasaan baru di masa normal baru atau new normal. Kebijakan ini dilakukan sebagai salah satu upaya mencegah penularan virus. Kebijakan di masa ini membawa beberapa perubahan yang harus diperhatikan oleh guru, orang tua, peserta didik, sekolah dan juga lembaga pendidikan terkait proses pendidikan di era new normal. Hal ini tentu akan menghasilkan gambaran baru yang berbeda untuk pendidikan di Indonesia. Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan fenomenafenomena baru yang terjadi dalam pembelajaran PAI pada era new normal di SMA Negeri Kota Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran PAI, guru BK dan peserta didik di SMAN 1 Banjarmasin, SMAN 4 Banjarmasin, SMAN 11 Banjarmasin. Sedangkan objek penelitiannya adalah proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada era new normal yang dilakukan di SMAN 1 Banjarmasin, SMAN 4 Banjarmasin, SMAN 11 Banjarmasin. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, kemudian jenis penelitian adalah lapangan (field research). Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. kemudian analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyusun perencanaan dan melaksanakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, guru dituntut untuk mempertimbangkan dan menyesuaikan kondisi psikologis peserta didik. Sedangkan, untuk evaluasi pembelajaran harus banyak perbaikan dari peserta didik dan menuntut toleransi dari guru untuk memahami kondisi peserta didik. Karena capaian belajar peserta didik yang menurun drastis dari yang sebelum adanya pandemi hingga era new normal. Adapun fenomena-fenomena baru yang dapat diamati dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada era new normal antara lain: fenomena learning loss dan perubahan karakter pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 15 Sep 2022 01:23
Last Modified: 15 Sep 2022 01:23
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20597

Actions (login required)

View Item View Item