EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Terhadap Peredaran Rokok Ilegal di Kota Banjarmasin

Virgiawan, Akhmad Nazar (2024) Peran Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Terhadap Peredaran Rokok Ilegal di Kota Banjarmasin. Skripsi, Syariah.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (66kB)
[img] Text
Bagian Awal.pdf

Download (946kB)
[img] Text
Akhmad Nazar Virgiawan - Abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Akhmad Nazar Viirgiawan - Bab I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
Akhmad Nazar Virgiawan - Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
Akhmad Nazar Virgiawan - Bab III.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Akhmad Nazar Virgiawan - Bab IV.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Akhmad Nazar Virgiawan - Bab V.pdf

Download (64kB)
[img] Text
Akhmad Nazar Virgiawan - Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akhmad Nazar Virgiawan - Daftar Pustaka.pdf

Download (141kB)

ABSTRAK

Terdapat beberapa pedagang rokok ilegal di warung dan pasar yang ada di Kota Banjarmasin, padahal sudah dilakukan pengawasan oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Banjarmasin yang berwenang untuk mengatasi hal tersebut. Beranjak dari latar belakang tersebut, penulis mengkaji lebih lanjut dalam bentuk karya tulis ilmiah yaitu skripsi yang membahas mengenai Peran Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Kota Banjarmasin terhadap peredaran rokok ilegal serta membahas tentang faktor-faktor yang menghambat pengawasan dan pelayanan yang dilakukan. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian hukum empiris melalui pendekatan sosiologi hukum. Lokasi penelitian yaitu pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Kota Banjarmasin, Pasar Sudimampir dan beberapa warung di sekitaran wilayah Kota Banjarmasin yang menjual rokok ilegal. Data terbagi menjadi data primer dan data sekunder, yang mana data didapatkan dari sumber wawancara dan studi dokumen, yang mana data tersebut kemudian dikumpulkan secara sistematis dan dianalisis melalui teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai terhadap peredaran rokok ilegal di Kota Banjarmasin adalah terbagi menjadi 5 yaitu: 1) menjaga; 2) mengawasi; 3) mengkoordinasi; 4) menindak; dan 5) sosialisasi. Selain itu, faktor yang mempengaruhi pengawasan dan penindakan yang dilakukan oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Banjarmasin terbagi menjadi 2 faktor yaitu karena faktor internal dan eksternal. Faktor internal terbagi menjadi 3 yang meliputi: 1) mahalnya harga cukai yang ditetapkan pemerintah; 2) sumber daya manusia dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Banjarmasin yang kurang; dan 3) kurangnya sosialiasi dan edukasi kepada masyarakat. Sedangkan faktor eksternal terbagi menjadi 3 yaitu meliputi: 1) wilayah Kota Banjarmasin yang luas; 2) kurangnya kesadaran hukum dari penjual dan pembeli; dan 3) kurangnya pengetahuan tentang rokok ilegal dari masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 03 Jul 2024 08:51
Last Modified: 03 Jul 2024 08:51
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27011

Actions (login required)

View Item View Item