EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penggunaan Surah Yâsîn pada Tradisi Bakandi-Kandi di Desa Tajau Landung Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar

Arbaniah, Siti (2024) Penggunaan Surah Yâsîn pada Tradisi Bakandi-Kandi di Desa Tajau Landung Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (731kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (743kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (339kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)

ABSTRAK

Di kalangan umat Islam, berbagai upaya dilakukan untuk memahami kitab suci Al-Quran dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Ada di antara mereka yang tetap berpegang pada pemahamannya terhadap teks, ada pula yang mencoba menyesuaikan pemahamannya dengan perubahan zaman, dan ada pula yang mengembangkan pemahamannya sendiri yang mungkin belum lazim di masa lalu. Ada pula yang menggunakan ayat maupun surah dalam Al-Qur’an untuk keperluan yang lain seperti di Desa Tajau Landung masyarakat menggunakan surah Yâsîn dalam tradisi bakandi-kandi. Tradisi ini dilakiukan kietika siesieorang kiehilangan siuatiu barang, dengan tiujiuan iuntiuk miengietahiui siapa yang miengambil barang yang hilang tadi. Penelitian ini berfokus kepada bagaimana penggunaan, pemahaman serta pemaknaan masyarakat terhadap surah Yâsîn yang dibaca pada tradisi bakandi-kandi. Penelitian ini mempunyai signifikansi akademik yakni sebagai perluasan kajian Al-Qur’an yang tidak hanya terpaku pada kajian tekstual melainkan pada realitas sosial dimana Al-Qur’an itu hidup, atau lebih dikenal dengan kajian living Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teori resepsi fungsional untuk mengetahui sejauh mana pemahaman serta pemaknaan masyarakat terhadap penggunaan surah Yâsîn. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan berbagai pemahaman dari masyarakat, bahwa surah Yâsîn yang diibaratkan sebagai jantungnya Al-Qur’an, keutamaan membaca surah Yâsîn sama seperti pahala membaca Al-Qur’an sepuluh kali, serta membaca surah Yâsîn sudah menjadi kebiasaan di Desa tersebut sebagai jalan mendekatkan diri kepada Allah Swt., sebagai ikhtiar yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan dalam hidup serta memperkuat keyakinan bahwa Allah Swt. pasti menolong hamba-Nya.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 24 Jul 2024 01:44
Last Modified: 24 Jul 2024 01:44
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27363

Actions (login required)

View Item View Item