EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Metode Penyuluh Narkoba dalam Berdakwah Studi pada Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalimantan Selatan

Ni'mah, Mahabbatun (2024) Metode Penyuluh Narkoba dalam Berdakwah Studi pada Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalimantan Selatan. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (563kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (434kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (377kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penyalahgunaan narkoba saat ini merupakan hal yang sangat memprihatinkan, dikarenakan pelakunya lebih banyak dari kalangan remaja. Narkoba dapat mematikan akal pikiran, merusak akhlak mulia serta dapat merusak struktur tubuh. Maka dari itu, narkoba merupakan salah satu penyebab rusaknya akhlak penerus bangka, karenanya di perlukan tindakan untuk menanggulanginya. Badan Narkotika Nasional adalah sebuah lembaga pemerintahan non kementrian Indonesia yang mempunyai tugas pemerintahan di bidang pencegahan dan pemberantasan narkoba. Penyuluh narkoba yang bertugas di Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Selatan di tuntut untuk aktif, kreatif dan inovatif dalam melaksanakan kegiatan penyuluhan di seluruh tatanan masyarakat. Peranan penyuluh narkoba dalam upaya pencegahan narkoba dengan menggunakan metode-metode dakwah. Metode merupakan cara sistematis yang menjelaskan arah strategis kegiatan yang telah disiapkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang berlokasi di kantor BNN Provinsi Kalimantan Selatan. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumenter. Sumber data dalam penelitian ini adalah para penyuluh di BNN Provinsi Kalimantan Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan, metode dan bentuk pelaksanaan penyuluhan oleh penyuluh di BNN Provinsi Kalimantan Selatan antara lain: koordinasi dalam rangka penguatan pelaksanaan advokasi, koordinasi dalam rangka pelaksanaan fasilitasi advokasi program ketahanan keluarga anti narkoba berbasis sumber daya pembangunan desa, bimbingan teknis dalam rangka sinergi program pemberdayaan alternatif dengan stakeholder, bimbingan teknis lifeskill bagi masyarakat, pelaksanaan tes urine di instansi swasta, penyuluhan bahaya narkoba di sekolah, penyuluhan melalui media. Yang mana kegiatan tersebut menggunakan metode penyuluhan ceramah dan diskusi kelompok, serta tiga metode dakwah, yaitu: 1) al hikmah, 2) mau idzhah al hasanah 3) al mujadallah bi allati hitya ahsan. Metode dakwah yang diberikan berupa, penjelasan yang arif bijaksana, menyampaikan materi penyuluhan tanpa melebihlebihkan, memberikan nasihat dengan caya yang baik, yaitu lemah lembut, dan berdebat atau berdiskusi tanpa meremehkan lawan bicara. Dengan bentuk pelaksanaan kelompok dengan metode dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 24 Jul 2024 01:59
Last Modified: 24 Jul 2024 01:59
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27364

Actions (login required)

View Item View Item