EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelestarian Lingkungan Hidup Perspektif Al-Qur’an: Telaah Penafsiran Muhammad Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah

Zakiyuddin, Ahmad (2024) Pelestarian Lingkungan Hidup Perspektif Al-Qur’an: Telaah Penafsiran Muhammad Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (962kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7kB)

ABSTRAK

Masalah lingkungan menjadi isu hangat dan menarik untuk dibahas selamabeberapa tahun belakangan ini. Kerusakan yang terjadi di hampir seluruh belahandunia memicu semangat berbagai kalangan untuk memberikan usaha terbaiknyaguna menyelamatkan lingkungan. Dari sinilah muncul teori-teori yang diharapkan mampu meminimalisir kerusakan yang sudah terjadi. Namun dari semua teori yangmuncul dari para ilmuwan sehingga terkesan bahwa agama, khususnya Islam adalah agama yang tidak mempedulikan keadaaan lingkungan sekitar. Degan dalihdihamparkannya bumi untuk tempat tinggal dan segala isi yang diciptakan untukmanusia guna keberlangsungan kehidupannya, dan sangat kental sekali pahamantroposentris. Peneliti mengangkat tema lingkungan hidup yang didasarkan padapenafsiran ayat-ayat al-Qur’an. Penafsiran yang dijadikan acuan oleh penelitiadalah tafsir dari M. Quraish Shihab, seorang mufasir Indonesia yang terkenalmoderat dan sadar akan kondisi sosial budaya masyarakat Indonesia khususnya. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan memahamipandangan Al-Qur'an mengenai pelestarian lingkungan hidup dan bagaimanapandangan tersebut diinterpretasikan oleh Quraish Shihab. Metode yang digunakan adalah analisis eko-teologi dan etika lingkungan, yang memungkinkan penelitian ini menghubungkan prinsip-prinsip teologis dengan isu-isu lingkungankontemporer. Hasil dari penelitian ini adalah. Pertama, penelitian ini menunjukkan Quraish Shihab, dalam Tafsir Al-Misbah, memberikan kontribusi penting dalammemahami dan menerapkan prinsip pelestarian lingkungan menurut Al-Qur'an. Iamenyajikan pandangan bahwa Al-Qur'an adalah panduan praktis untuk hidup harmonis dengan alam. Kedua, Quraish Shihab dalam penafsirannya ditinjau daripendekatan eko-teologi mengintegrasikan dimensi spiritual dan teologis dalammenafsirkan ayat-ayat Al-Qur'an tentang lingkungan. Ketiga, Quraish Shihabmempertimbangkan prinsip etika lingkungan, menekankan tanggung jawab manusia dalam merawat ciptaan Allah SWT, konsep tauhid, hikmah, amanah, danmawaris sebagai dasar pemeliharaan lingkungan. Menurutnya, menjaga lingkunganadalah tanggung jawab moral dan bagian integral dari ajaran Islam untuk menjagakeseimbangan alam sebagai amanah dari Allah SWT. Dengan demikian, penelitianini menyimpulkan bahwa perspektif Al-Qur'an, seperti yang ditafsirkan olehQuraish Shihab, memberikan landasan teologis dan etis yang kuat untuk pelestarian lingkungan hidup.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 02 Aug 2024 06:55
Last Modified: 02 Aug 2024 06:55
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27659

Actions (login required)

View Item View Item