EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin

Ramadaniyati, Ramadaniyati (2018) Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (239kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (837kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keberadaan teknologi informasi yang merupakan salah satu komponen yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas manajemen pendidikan, serta pembolehan pembawaan teknologi informasi ke sekolah berupa komputer/laptop dan smartphone. Pada saat ini, masalah prestasi belajar siswa kelas X teknik komputer dan jaringan pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) masih belum maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut perlu menelusuri faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu teknologi informasi yang dimanfaatkan dengan benar dan tepat akan berdampak positif untuk menambah pengetahuan siswa, serta prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian yaitu mengetahui penggunaan teknologi informasi, prestasi belajar siswa dan mengetahui pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan berjumlah 79 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan teknik analisis korelasi product moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan Cronbach Alpha, teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana, dengan bantuan SPSS Statistics 22.0 for Windows, serta nilai raport mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) tahun 2017/2018. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Penggunaan teknologi informasi di SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin memiliki tingkat penggunaan teknologi informasi yang sedang yaitu dengan nilai rata-rata 88,24; 2. Prestasi belajar siswa di SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) memiliki tingkat prestasi belajar yang baik yaitu dengan nilai rata-rata 84,32; 3. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara peggunaan teknologi informasi terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari Fhitung sebesar 6,892 dengan nilai signifikansi 0,010. Sedangkan hasil perhitungan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,082 yang berarti 8,2% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh penggunaan teknologi informasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 30 Jul 2018 01:43
Last Modified: 30 Jul 2018 01:43
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10148

Actions (login required)

View Item View Item