EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelaksanaan Bimbingan Rohani Islam melalui Ruqyah Syar’iyyah di Pondok Sehat Al Wahida kota Banjarmasin

Nurhelsa, Nurhelsa (2018) Pelaksanaan Bimbingan Rohani Islam melalui Ruqyah Syar’iyyah di Pondok Sehat Al Wahida kota Banjarmasin. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (195kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (940kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (664kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Penelitian ini adalah Pelaksanaan Bimbingan Rohani Islam melalui Ruqyah Syar’iyyah di Pondok Sehat Al Wahida kota Banjarmasin. Fokus permasalahan yaitu, bagaimana pelaksanaan bimbingan rohani Islam melalui ruqyah syar’iyyah di Pondok Sehat Al Wahida kota Banjarmasin, meliputi pra ruqyah, proses ruqyah dan paska ruqyah. Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan rohani Islam melalui ruqyah syar’iyyah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tiga orang peruqyah, dan 14 orang pasien. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan bimbingan rohani Islam melalui ruqyah syar’iyyah. Adapun teknik pengumpulan data yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: Pelaksanaan bimbingan rohani Islam melalui ruqyah syar’iyyah di Pondok Sehat Al Wahida kota Banjarmasin: Melalui tiga tahap. 1. Pra ruqyah: Pasien dianjurkan berwudhu, peruqyah mengidentifikasi keluhan/penyakit. Ada empat kategori, yaitu medis, non medis, psikologi dan ‘ain (pandangan mata). Pasien diberikan bimbingan seperti bertobat sebelum proses ruqyah dimulai. 2. Proses ruqyah: Pasien disuruh menghadap kiblat, sambil menutup mata. Pasien disuruh berdzikir didalam hati sampai proses ruqyah selesai. Peruqyah membacakan ayat-ayat Al-Qur’an kepada pasien, ayat-ayat yang dibacakan seperti, taawus, kholasoh, Al-Fatihah, Al-Baqarah, Ar-Rahman, Al-Mulk Al-Hasyr, Al-A’raf, Q.S. Jin, Al-Insyirah, Q.S. Yunus, Al-Imran, Toha, Hud, As-Shofat, Al-Mu’minun, An-Naml, dzikir, istighfar, asmaul husna dan doa orangtua. Setelah selesai membacakan ayat-ayat Al-Qur’an, pasien disuruh membuka mata. Bentuk bimbingan sesuai dengan keluhan pasien. 3. Paska ruqyah: Pasien diberikan bimbingan seperti bertobat, bersyukur kepada Allah. Menjaga shalat 5 waktu dan pasien yang keluhannya berat disuruh datang kembali untuk melakukan ruqyah.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 30 Jul 2018 02:45
Last Modified: 30 Jul 2018 02:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10155

Actions (login required)

View Item View Item