EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Metode Syekh Nuruddin Marbu dalam Menyusun Kitab Makânat al-‘Ilm wa al-‘Ulamâ` wa Âdâb Thâlib al-‘Ilm

Yahsin, Haliky (2018) Metode Syekh Nuruddin Marbu dalam Menyusun Kitab Makânat al-‘Ilm wa al-‘Ulamâ` wa Âdâb Thâlib al-‘Ilm. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (625kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (745kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (84kB)

ABSTRAK

Haliky Yahsin 1101421137, Metode Syekh Nuruddin Marbu dalam Menyusun Kitab Makânat al-‘Ilm wa al-‘Ulamâ` wa Âdâb Thâlib al-‘Ilm, di bawah bimbingan Dr. H. Akhmad Sagir, M. Ag. dan Dra. Hj. Noor’ainah, M. Fil. I. Kata Kunci: Metode Penyusunan, Metode Penyusunan Kitab Hadis, Manhaj atTa`lîf, Kitab Makânat al-‘Ilm wa al-‘Ulamâ wa Âdâb Thâlib al-‘Ilm, Syekh Nuruddin Marbu Kitab Makânat al-‘Ilm wa al-‘Ulamâ wa Âdâb Thâlib al-‘Ilm adalah kitab yang digolongkan kepada kitab hadis. Kitab ini memiliki daya tarik dan keunikan, baik dari sisi kitab itu sendiri atau orang yang menyusun kitab tersebut. Dari sisi kitab itu sendiri, daya tarik dan keunikan kitab terlihat dari judul kitab yang diberi judul seperti bukan kitab yang termasuk golongan kitab hadis. Adapun dari sisi orang yang menyusun kitab, kitab ini disusun oleh ulama lokal Kalimantan Selatan yang memiliki area dakwah yang sangat luas, bahkan sampai ke tingkat internasional yaitu Syekh Muhammad Nuruddin Marbu, seorang Ulama yang sangat produktif. Oleh sebab itu, sangatlah menarik perhatian penulis agar dilakukan kajian terhadap metode penyusunan dan jenis kitab hadis Makânat al- ‘Ilm wa al-‘Ulamâ` wa Âdâb Thâlib al-‘Ilm. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimana metode penyusunan kitab Makânat al-‘Ilm wa al-‘Ulamâ` wa Âdâb Thâlib al-‘Ilm ? dan (2) Bagaimana jenis kitab Makânat al-‘Ilm wa al-‘Ulamâ` wa Âdâb Thâlib al-‘Ilm ?. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), Kajian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan teori penyusunan kitab hadis. Data yang telah terkumpulkan diuraikan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang diterapkan Syekh Muhammad Nurdin dalam menyusun kitab Makânat al-‘Ilm wa al-‘Ulamâ` wa Âdâb Thâlib al-‘Ilm adalah menghimpun dan menyusun hadis dengan menyesuaikan hadis dengan tema tertentu. Nama (judul) kitab merupakan gambaran dari hadis-hadis yang termuat dari dalam kitab, keseluruhan hadis yang dimasukkan di dalam kitab tidak lepas kaitannya dengan judul utama kitab tersebut. berdasarkan metode penyusunan kitab tersebut, maka kitab Makânat al- ‘Ilm wa al-‘Ulamâ` wa Âdâb Thâlib al-‘Ilm adalah masuk dalam klasifikasi jenis kitab hadis Mawdhû’î (tematik)

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: Users 62 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 06:14
Last Modified: 30 Jul 2018 06:14
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10166

Actions (login required)

View Item View Item