EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Praktik Zakat Perdagangan Oleh Pedagang di Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin.

Nufus, Hayatun (2018) Praktik Zakat Perdagangan Oleh Pedagang di Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Skripsi, Fakultas Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (821kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (892kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (750kB)

ABSTRAK

Hayatun Nufus. 2018. Praktik Zakat Perdagangan Oleh Pedagang di Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (muamalah), Fakultas Syariah. Pembimbing: (I) Dr. H. Sukarni, M.Ag. (II) Imam Alfiannor MHI. Kata Kunci: Praktik, Zakat Perdagangan, 8 asnaf, Hukum Islam. Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai praktik zakat perdagangan di Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Penelitian ini dilatar belakangi adanya perhitungan zakat perdagangan yang tidak sesuai dengan ketentuan hukum Islam dan mengetahui tentang ketentuan zakat perdagangan namun tidak melaksanakan zakat perdagangan serta tidak tepatnya sasaran zakat yang dikeluarkan oleh muzaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan faktor penyebab serta tinjauan hukum Islam terhadap praktik zakat perdagangan di Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara dan dokumenter. Data penelitian ini adalah gambaran praktik zakat perdagangan di Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin dan sumber data berasal dari informan yang melakukan praktik tersebut, hasil penelitian ini diolah dengan teknik editing, kategorisasi dan matriks. Selanjutnya dianalisis secara kulitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan: Pertama, praktik zakat perdagangan di Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin dalam praktiknya sebagian besar para pedagang melaksanakan zakat perdagangan namun perhitungannya tidak sesuai dengan ketentuan hukum Islam, tidak tepatnya sasaran zakat yang dikeluarkan oleh muzaki yaitu bukan kepada 8 asnaf dan ada sebagian pedagang yang tidak mengeluarkan zakat perdagangannya. Faktor penyebabnya karena kemalasan mereka untuk menunaikannya. Kedua, dalam tinjauan hukum Islam praktik yang demikian bertentanggan dengan hukum Islam dan belum berfungsi sebagai bagian dari upaya mensejahterakan ekonomi umat.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Mr. Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 02 Aug 2018 05:50
Last Modified: 02 Aug 2018 05:50
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10214

Actions (login required)

View Item View Item