EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam RisalahfBughyatul Muhibbin (Sekilas tentang Kehidupan Syekh Murabbi Kamil Al-Arif Jami’ Bainal Ilmu Wal Amal Az-Zahir Wal Bathin Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Arsyadi Al-Banjari)

Saputra, Azami Faisal (2018) Nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam RisalahfBughyatul Muhibbin (Sekilas tentang Kehidupan Syekh Murabbi Kamil Al-Arif Jami’ Bainal Ilmu Wal Amal Az-Zahir Wal Bathin Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Arsyadi Al-Banjari). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (268kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (416kB)

ABSTRAK

Azami Faisal Saputra. 2018. Nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam Risalah fBughyatul Muhibbin (Sekilas tentang Kehidupan Syekh Murabbi Kamil Al-Arif Jami’ Bainal Ilmu Wal Amal Az-Zahir Wal Bathin Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Arsyadi Al-Banjari). Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing Bidang Konten dan Metodologi Drs. Emroni.,M.Ag dan Pembimbing Bidang Bahasa dan Teknik Penulisan Dra. Raihanatul Jannah.,M. Pd. Kata Kunci: Akhlak, Risalah Bughayatul Muhibbin, Syekh Muhammad Zaini Penelitian ini dilatarbelakangi oleh akhlak yang dimilki Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani. Penulis tertarik melakukan penelitian ini karena tidak semua orang mengetahui akhlak-akhlak yang dimiliki oleh Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani yang patut dijadikan tauladan dalam kehidupan sehari-hari. Skripsi ini ditulis dengan menggali Risalah Bughyatul Muhibbin dan buku penunjang lainnya yang langsung berkaitan dengan penelitian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui nilai-nilai akhlak yang yang terkandung dalam Risalah Bughyatul Muhibbin (Sekilas tentang Kehidupan Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani. Penelitian ini menggali perilaku-perilaku dari Syekh Muhammad Zaini yang bagus untuk dijadikan teladan dalam kehidupan seharihari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research), dimana sumber-sumber datanya diperoleh melalui buku-buku, pengajian, sejumlah bahan tulisan dan lainnya. Adapun dalam pembahasannya penulis menggunakan metode deskriptif dan analisis data dilakukan dengan content analysis. K.H. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani adalah seorang ulama karismatik, yang dari segi keilmuan keagamaannya telah diakui oleh para ulama dan masyarakat khususnya di Kalimantan Selatan. Melihat dari silsilah, beliau salah satu keturunan dari seorang Ulama besar di Kalimantan Selatan yaitu Syekh Muhammad Arsyad AlBanjari. Ajaran maupun akhlak yang dimiliki seorang ulama sangat berpengaruh terhadap keberagaman masyarakat, apalagi jika ulama itu sudah diakui keilmuannya seperti K.H. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam Risalah Bughyatul Muhibbin, studi biografi Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani yaitu Akhlak kepada Allah Swt. meliputi: zikrullah, uzlah, tawakal, qana’ah, sabar, dan zuhud. Akhlak kepada Rasulullah Saw. meliputi: Memuji Rasulullah Saw. dan Mutaba’ah. Akhlak kepada orangtua meliputi: berbakti kepada orangtua dan merawat orangtua ketika sakit. Akhlak kepada orang lain meliputi: pemurah, kasih sayang, hilm (tidak pemarah), dan tawadhu’. Akhlak kepada Diri Sendiri meliputi: Mujahadah, Muraqabah, dan Istiqamah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 62 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2018 01:29
Last Modified: 03 Aug 2018 01:29
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10221

Actions (login required)

View Item View Item