EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Dampak Penurunan Produksi Sektor Pertambangan Terhadap Pembiayaan Pada BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin

Husna, Rabiatul (2018) Dampak Penurunan Produksi Sektor Pertambangan Terhadap Pembiayaan Pada BNI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (17kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (570kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dari penurunan produksi pertambangan sehingga berdampak terhadap pembiayaan. Pembiayaan yang dilakukan oleh pihak tambang adalah pembiayaann produktif dengan akad mudhārabah. Dampak yang terjadi terhadap pembiayaan apabila produksi tambang menurun adalah pada tahun 2015 Non Performing Financing (NPF) mengalami peningkatan sebesar 11,26%. Non Performing Financing(NPF) adalah kredit yang berklasifikasi kurang lancar, diragukan dan macet. Termin NPF diperuntukan untuk bank syariah. Hal ini menyebabkan pembiayaan banyak yang mengalami masalah, dan NPF pada bank melonjak naik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak penurunan produksi sektor pertambangan terhadap pembiayaan dan mengetahui uapaya apa yang dilakukan pihak bank dalam meminimalisir kerugian tersebut agar tidak berdampak terhadap bank dan pembiayaan lain. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yang bersifat kualitatif dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah Bapak Panji Arraohman sebagai SME Head Financing yang dapat memberikan informasi mengenai dampak apa yang terjadi jika penurunan produksi tambang terjadi. Objek dalam penelitian ini adalah mengenai Dampak dari penurunan produksi pertambang terhadap pembiayaan, sedangkan analisisnya menggunkan teknik analisis deskriptif dengan mengacu pada landasan teori yang ada. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu, dampak yang diakibatkan dari penurunan produksi pertambangan terhadap pembiyaan adalah adanya kenaikan yang cukup besar terhadap NPF Bank, dan dampak ini juga berimbas bagi karyawan seperti 1). Mental, jatuhnya moral bankir dan karyawan, seperti hilangnya rasa percaya diri, saling menyalahkan, cuci tangan bagi sebagian orang dan mencari kambing hitam. 2). Karir, rusaknya karier pegawai, sehingga dapat merusak masa depan mereka. 3). Waktu dan Tenaga, Bertambahnya pekerjaan bagi karyawan dan bankir karena harus menyisihkan waktu dan tenaga guna menghadapi kredit bermasalah. Upaya BNI Syariah dalam meminimalisir kerugian terhadap pembiayaan dengan memperkuat analisa terhadap nasabah, dengan cara melihat kategori nasabah extisting kalau tidak nasabah kalau tidak nasabah referal paling tidak ada yang merekomendasikan. Kalau ada calon nasabah baru yang ingin melakukan pembiayaan, maka akan diperketat lagi analisa terhadap calon nasabah tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HJ Public Finance
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 08 Aug 2018 05:58
Last Modified: 08 Aug 2018 05:58
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10298

Actions (login required)

View Item View Item