EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Praktik Khiyar pada RM. Bebek Goreng Kalijo dengan Supplier

Ata, Ata (2018) Praktik Khiyar pada RM. Bebek Goreng Kalijo dengan Supplier. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (79kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (629kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (115kB)

ABSTRAK

Ata. 2018. Praktik Khiyar pada RM. Bebek Goreng Kalijo dengan Supplier. Skripsi, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Fakultas Syariah. Pembimbing: (1) Dra. Hj. Mashunah Hanafi, MA (2) Dra. Hj. Amelia Rahmaniah, MH Penelitian ini bertolak dari praktik khiyar pada RM. Bebek Goreng Kalijo dengan supplier yang bersumber dari kesepakatan kualitas bebek yang diperjualbelikan. Kesepakatan terjadi karena pada awal transaksi pihak rumah makan tiba-tiba saja mengembalikan atau membatalkan semua bebek yang diterima kepada supplier karena tidak percaya akan kualitas bebek yang diserahkan, padahal sebelumnya kedua pihak telah membicarakan terkait kualitas bebek yang diperjualbelikan. Kemudian menanggapi perselisihan itu kedua pihak pun saling melakukan kesepakatan untuk kualitas bebek yang diperjualbelikan dengan caracara tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik khiyar pada RM. Bebek Goreng Kalijo dengan supplier menurut perspektif hukum ekonomi syariah. Disamping itu untuk mengetahui akibat dari praktik khiyar pada RM. Bebek Goreng Kalijo dengan supplier. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, berlokasi di RM. Bebek Goreng Kalijo KM 3.5 Banjarmasin. Objek penelitian ini ialah mengenai praktik khiyar pada RM. Bebek Goreng Kalijo dengan supplier menurut perspektif hukum ekonomi syariah dan subjeknya adalah pihak rumah makan, supplier, karyawan dan pemilik brand RM. Bebek Goreng Kalijo. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data diolah dengan teknik editing, kategorisasi, dan interpretasi. Selanjutnya, dianalisis secara kualitatif yang bersifat deskriptif dengan mengacu kepada landasan teori. Hasil penelitian ini adalah praktik khiyar yang dilakukan nampak tidak berjalan sebagaimana mestinya serta tidak sesuai dengan ketentuan khiyar menurut hukum Islam. Pada syarat yang telah ditentukan pihak rumah makan yang ternyata sangat berlebihan dan tidak begitu jelas. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi tidak sahnya khiyar yang dilakukan karena tidak terpenuhinya syarat-syarat pada sahnya khiyar syarat. Ketentuan khiyar menurut hukum Islam menghendaki yang demikian ini sesuai dengan keperluan yang pantas dan juga jelas. Akibat dari praktik khiyar itu pihak supplier merasa dirugikan karena terus mengganti bebek yang rusak/hancur hampir setiap hari yang pada dasarnya bukan kesalahan kualitas bebek dari supplier melainkan penanganan pihak rumah makan yang tidak terjaga dengan baik. Dan dengan terpaksa pula pihak supplier selalu mengganti sebagian bebek yang rusak/hancur karena ia ingin menjaga kelangsungan jual beli yang dilakukan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Users 62 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2018 06:26
Last Modified: 14 Aug 2018 06:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10397

Actions (login required)

View Item View Item