EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Kecenderungan Kecerdasan Interpersonal Mahasiswa PGMI UIN Antasari Banjarmasin Angkatan 2015

Wulandari, Ricca Cempaka (2018) Kecenderungan Kecerdasan Interpersonal Mahasiswa PGMI UIN Antasari Banjarmasin Angkatan 2015. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (224kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (772kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Ricca Cempaka Wulandari. 2018. Kecenderungan Kecerdasan Interpesonal Mahasiswa PGMI UIN Antasari Banjarmasin Angkatan 2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. UIN Antasari Banjarmasin. Pembimbing: (Bidang Konten dan Metode Penelitian) Dr. Hidayat Ma’ruf, M.Pd (Bidang Teknik dan Penulisan) Drs. Muhammad Yuseran, M.Pd. Kata Kunci: Kecenderungan, Kecerdasan Interpersonal. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya seorang calon guru mempunyai kecerdasan interpersonal karena akan mengajar, memberikan motivasi, mengenali sikap serta sifat peserta didik mereka nanti. Kecerdasan interpersonal menjadi penting dikarenakan pada dasarnya manusia tidak dapat hidup sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang personal kecerdasan interpersonal mahasiswa PGMI UIN Antasari Banjarmasin Angkatan 2015 dan mengetahui kecenderungan kecerdasan interpersonal mahasiswa PGMI UIN Antasari Banjarmasin Angkatan 2015. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode penelitian ini adalah kualitatif deksriptif. Objek dalam penelitian ini adalah kecerdasan interpersonal mahasiswa PGMI UIN Antasari Banjarmasin, sedangkan subjek penelitian adalah mahasiswa PGMI UIN Antasari Banjarmasin angkatan 2015. Pengumpulan data diambil dengan membagikan angket skala kecerdasan interpersonal. Setelah data terkumpul dilakukan kategorisasi, skoring dan interpretasi selanjutnya dianalisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis interpretasi data mengenai latar belakang personal mahasiswa antara lain pendidikan orang tua, usia, jenis kelamin, pola asuh, pekerjaan orang tua, penghasilan orang tua dan asal daerah. Sedangkan hasil analisis data tentang tingkat kecenderungan kecerdasan interpersonal mahasiswa PGMI UIN Antasari Banjarmasin termasuk dalam kategori tinggi sebanyak 77,66% (153 orang). Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa sebagian besar subjek penelitian memiliki kecerdasan interpersonal yang tinggi meliputi social sensitivity, social insight dan social communication. Kecerdasan interpersonal menjadi sesuatu yang sangat penting dimiliki oleh setiap guru yang ingin sukses dalam profesi mulianya ini. Sebab, kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan yang berhubungan langsung dengan kompetensi kepribadian serta kompetensi sosial guru dan mutlak dimiliki oleh semua guru. Objek profesi guru adalah manusia dan proses sosial, sehingga menjadi tidak mungkin jika seorang guru yang ingin sukses mengajar dan mendidik tetapi tidak memiliki kecerdasan interpersonal atau kecerdasan sosial.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ricca Cempaka Wulandari
Date Deposited: 31 Aug 2018 06:33
Last Modified: 31 Aug 2018 06:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10646

Actions (login required)

View Item View Item