EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Potensi dan Pengembangan Usaha Kerajinan Rotan di Kecamatan Candi Laras Selatan

M. Norjali, Imam (2018) Potensi dan Pengembangan Usaha Kerajinan Rotan di Kecamatan Candi Laras Selatan. Skripsi, Syariah dan Ekonomi Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (324kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (994kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (767kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (983kB)

ABSTRAK

Teguh Imam Perdana. 2018. Potensi dan Pengembangan Usaha Kerajinan Rotan di Kecamatan Candi Laras Selatan. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Antasari Banjarmasin; (I) Prof. Dr. H. A. Hafiz Anshary, M.A, (II) H. Haris Faulidi Asnawi, Lc., M.H.I Kata Kunci: Potensi, Pengembangan dan Rotan Penelitian ini di latar belakangi oleh kenyataan yang terjadi di kecamatan Candi Laras Selatan. Daerah ini kaya dengan sumber daya alam rotan dan masyarakatnya memiliki keunikan mengolah rotan tersebut, menjadi suatu kerajinan khas daerah ini sejak tahun 1960-an. Produk kerajinan rotan yang dihasilkan bermacam-macam antara lain: Tudung saji, tas rotan, keranjang buah, lemari dan meja merupakan beberapa macam hasil olahan kerajinan daerah tersebut. Meskipun potensi rotan sangat besar dan masyarakat setempat memanfaatkannya untuk usaha kerajinan, namun usaha tersebut bukan merupakan pekerjaan pokok bagi mereka. Usaha kerajinan itu hanya pekerjaan sampingan, kenyataan ini menarik untuk diteliti terutama dari sudut potensi dan pengembangan usaha kerajinan rotan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui potensi dan pengembangan usaha kerajinan rotan di kecamatan Candi Laras selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif penulis langsung turun kelapangan untuk melakukan penelitian kepada para perajin rotan dikecamatan Candi Laras Selatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa potensi usaha kerajinan rotan tersebut diantaranya: SDM yang menjadi perajin rotan banyak ditemui di Kecamatan Candi Laras Selatan, Kemudian SDA rotan yang banyak tersedia sebagai bahan baku kerajinan rotan di Kalimantan serta kerajinan yang menjadi suatu ciri khas daerah tersebut yang sangat jarang ada di daerah lain. Dilihat dari sudut pengembangan usaha kerajinan tersebut diperoleh hasil bahwa manajemen usaha rotan itu masih sangat minim dan perlu ditingkatkan, diantaranya: aspek produksi, manajemen SDM, pemasaran serta pemanfaatan dan pengelolaan bantuan dari pemerintah setempat.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Teguh Imam Perdana M. Norjali
Date Deposited: 04 Oct 2018 06:18
Last Modified: 04 Oct 2018 06:18
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10720

Actions (login required)

View Item View Item