EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Bimbingan Keagamaan di Panti Asuhan Nor Hidayah Kelurahan Sungai Andai Kota Banjarmasin

Azhar, Abawaihi (2018) Bimbingan Keagamaan di Panti Asuhan Nor Hidayah Kelurahan Sungai Andai Kota Banjarmasin. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Abawaihi Azhar, 2018. Bimbingan Keagamaan di Panti Asuhan Nor Hidayah Kelurahan Sungai Andai Kota Banjarmasin, Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, pembimbing: (I) Dr. Hj. Halimatus Sakdiah, M.Si, dan (II) Drs. Ahmad Rijali, M.Pd. Penelitian ini dilandasi pemikiran bahwa bimbingan keagaman yang diberikan kepada anak asuh di Panti Asuhan Nor Hidayah Kelurahan Sungai Andai Kota Banjarmasin sangat penting, baik jasmani ataupun rohani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bimbingan keagamaan yang diberikan di Panti Asuhan Nor Hidayah, metode yang digunakan dalam rangka bimbingan keagamaan tersebut, serta apa saja faktor penunjang dan penghambat dalam pelaksanaan bimbingan keagamaan di Panti Asuhan Nor Hidayah. Lokasi penelitian ini dilakukan di jalan Sungai Andai Kelurahan Sungai Andai. Subjek dari penelitian ini adalah Panti Asuhan Nor Hidayah. Objek dari penelitian ini adalah Bimbingan Keagamaan yang ada di Panti Asuhan Nor Hidayah, metode yang digunakan dalam rangkan bimbingan keagamaan, apa saja faktor penunjang dan penghambat dalam pelaksanaan bimbingan keagamaan di Panti Asuhan Nor Hidayah. Metode dalam penelitian ini adalah metode field research (Studi Kasus) atau penelitian lapangan, yaitu penulis terjun langsung kelapangan untuk menggali data yang diperlukan sesuai dengan masalah yang diteliti, diolah melalui proses koleksi data, dan edeting data, klasifikasi data, serta interprestasi data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan keagamaan yang dilaksanakan di Panti Asuhan Nor Hidayah adalah bimbingan membaca Alquran, bimbingan shalat, serta bimbingan akhlak. Metode yang digunakan dalam bimbingan membaca Alquran adalah metode dalam bentuk Iqra dilanjutkan dengan belajar kitab suci Alquran, dan metode yang digunakan dalam bimbingan shalat adalah metode praktek dan menghafal bacaan-bacaan shalat, serta metode yang digunakan dalam bimbingan akhlak adalah metode dalam bentuk nasehat, bisa dalam bentuk ceramah, maupun dengan cara teguran, serta dengan keteladanan. Adapun faktor penunjangnya waktu pembelajaran yang sudah ditetapkan, sarana dan prasarana yang mencukupi, adapun pembimbing tetap, sedangkan faktor penghambatnya adalah keadaan anak asuh yang malas, adanya undangan masyarakat, kegiatan sekolah, materi yang disampaikan terlalu sulit dipahami dan cuaca yang membuat kegiatan terkendala.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Abawaihi Azhar Azhar
Date Deposited: 12 Oct 2018 01:47
Last Modified: 12 Oct 2018 01:47
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10752

Actions (login required)

View Item View Item