EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengelolaan Benda Wakaf Masjid At-Taqwa Binuang Kabupaten Tapin

Aisyah, Lisda (2018) Pengelolaan Benda Wakaf Masjid At-Taqwa Binuang Kabupaten Tapin. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (401kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (498kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (699kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Lisda Aisyah. 2018. Pengelolaan Benda Wakaf Masjid At-Taqwa Binuang Kabupaten Tapin. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pembimbing: (I) Nispan Rahmi, M.Ag. (II) Yulia Hafizah,M.EI. Kata Kunci: Pengelolaan, Kendala,Benda Wakaf Produktif, Manajemen. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh potensi wakaf yang terus berkembang. Perkembangan potensi wakaf yang terjadi di Kalimantan Selatan salah satunya Masjid At-Taqwa Binuang. Masjid ini dipilih karena mendapatkan penghargaan terbaik satu di Kalimantan Selatan tahun 2011 dalam hal pengelolaan dan pengembangan masjid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan serta kendala yang dialami dalam pengelolaan wakaf produktif oleh pengelola masjid At-Taqwa Binuang Kabupaten Tapin. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah pengurus atau pengelola dari Masjid At-Taqwa Binuang dan objek penelitian adalah penerapan pengelolaan wakaf produktif di Masjid At-Taqwa Binuang. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumenter kemudian diolah dengan teknik editing, kategorisasi dan interpretasi, lalu dianalisis secara analisis SWOT untuk menarik kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian tentang pengelolaan benda wakaf produktif Masjid At-Taqwa Binuang Kabupaten Tapin. Pertama, pengelolaan benda wakaf Masjid At-Taqwa Binuang digunakan sebagai lahan tempat mesin ATM, Toko Multiusaha, dan kegiatan bisnis. Pengelolaan dari masjid ini menerapkan berdasarkan dengan fungsi-fungsi manajemen. Pengelolaan ini dinilai semakin berkembang dan mengalami peningkatan terus menerus namun kekurangan dari pengelolaan ini kurang dalam hal departementalisasi dan formalisasi pada fungsi manajemen pengorganisasian dan penetapan standar kerja pada fungsi manajemen pengawasan. Kedua, Kendala yang dialami dalam pengelolaan wakaf produktif adalah kurangnya sumber daya manusia secara kuantitas dan kualitas.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HJ Public Finance
Depositing User: Lisda Aisyah
Date Deposited: 27 Nov 2018 02:39
Last Modified: 27 Nov 2018 02:39
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10822

Actions (login required)

View Item View Item