EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Pengelolaan Keuangan Dodol Asli Kandangan Produksi Ibu Mita Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Zulfiannor, Zulfiannor (2019) Analisis Pengelolaan Keuangan Dodol Asli Kandangan Produksi Ibu Mita Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (40kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Zulfiannor, 2018, Analisis Pengelolaan Keuangan Dodol Asli Kandangan Produksi Ibu Mita Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Tahun 2018. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Pembimbing: (1) Drs. Nispan Rahmi, M.Ag (2) Rohana Faridah, SE, M.M Kata Kunci : Pengelolaan Keuangan, Produksi. Penelitian ini dilatar belakangi pelaku UKM masih terdapat masalah yaitu pengelolaan usaha yang dilakukan hanya berfokus kepada pemasaran, dan mengesampingkan pengelolaan keuangan. Selain itu pengelolaan dodol asli kandangan produksi ibu mita ini masih bersifat pencatatan sederhana, yaitu pencatatan pengeluaran dan pemasukan kas setiap harinya, belum pencatatan keuangan yang akuntabilitas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengelolaan keuangan yang diterapkan oleh UKM produsen Dodol Kandangan Ibu Mita dan pandangan ekonomi Islam tentang pengelolaan keuangan yang diterapkan oleh UKM produsen Dodol Kandangan Ibu Mita Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan menggunakann teknik wawancara dan observasi sebagai teknik utama dalam pengambilan data. Teknik pengolahan dan analisis data dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa pertama Pengelolaan keuangan yang diterapkan oleh UKM produsen dodol asli Kandangan Ibu Mita adalah usaha ini dapat berjalan normal tanpa dukungan informasi keuangan yang memadai. Usaha ini dapat berhasil tanpa laporan keuangan yang dijadikan dasar di dalam pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan hanya didasarkan pada intuisi dan kebiasaan yang berasal dari pengalaman sebelumnya. Kedua Tinjauan Ekonomi Islam terhadap pengelolaan keuangan Dodol Asli Kandangan produksi Ibu Mita adalah menerapkan konsep menyisihkan sebagai pendapatan untuk digunakan sebagai modal UKM dodol asli kandangan Ibu Mita juga menerapakan konsep untuk tidak berlebi-lebihan. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sikap boros sangat tidak dianjurkan dalam segala hal, begitu pula dalam mengatur keuangan Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Skripsi Zulfiannor Zulfiannor
Date Deposited: 28 Jan 2019 01:40
Last Modified: 28 Jan 2019 01:40
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10995

Actions (login required)

View Item View Item