EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Prinsip Kehati-hatian Terhadap Pengelolaan Risiko Pembiayaan Mikro 75iB (Studi Pada Bank BRISyariah KCP Tanjung)

Safitri, Siti Hairani (2019) Penerapan Prinsip Kehati-hatian Terhadap Pengelolaan Risiko Pembiayaan Mikro 75iB (Studi Pada Bank BRISyariah KCP Tanjung). Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (311kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (451kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (154kB)

ABSTRAK

Skripsi ini mengangkat permasalahan mengenai penerapan prinsip kehati-hatian terhadap risiko pembiayaan mikro 75iB (Studi pada BRISyariah KCP Tanjung). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat nasabah yang besar terhadap produk pembiayaan mikro 75iB dan terjadi ketidaksesuain antara kemampuan membayar (pendapatan) dengan angsuran yang ditentukan selama jangka waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip kehati-hatian yang telah dijalankan oleh Bank BRISyariah KCP Tanjung dan mengetahui kendala yang dihadapi oleh Bank BRISyariah KCP Tanjung dalam penerapan prinsip kehati-hatian pada pembiayaan mikro 75iB. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, mengambil tempat di Bank BRISyariah KCP Tanjung dengan subjek penelitian dua orang karyawan pembiayaan mikro iB 75 (Account Officer Mikro). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan editing dan interprestasi. Teknik analisis data menggunakan model kualitatif deskriptif yang merupakan analisis dengan mendeskripsikan hal-hal yang disampaikan informan berkaitan dengan fokus penelitian. Melalui teknik analisis kualitatif, penelitian ini menghasilkan temuan-temuan. Pertama, penerapan prinsip kehati-hatian telah dijalankan BRISyariah KCP Tanjung sebagaimana ketentuan yang berlaku pada umumnya. Meskipun demikian, tetap saja nasabah melakukan tindakan wanprestasi yakni pengembalian tidak sesuai dengan yang diharapkan (ingkar janji). Kedua, kendala yang dihadapi oleh Bank BRISyariah KCP Tanjung dalam penerapan prinsip kehati-hatian pada pembiayaan mikro 75iB adalah sulitnya pihak bank untuk mengetahui dengan benar bahwa nasabah yang menerima pembiayaan sungguh-sungguh bertanggung jawab untuk menunaikan kewajibannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Skripsi Siti Hairani Safitri
Date Deposited: 28 Jan 2019 03:31
Last Modified: 28 Jan 2019 03:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11019

Actions (login required)

View Item View Item