EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Mekanisme Arisan Terhadap Penambahan Modal Para Pedagang Di Pasar Murung Desa Banua Raya Kecamatan Bati-bati

Anisah, Anisah (2019) Mekanisme Arisan Terhadap Penambahan Modal Para Pedagang Di Pasar Murung Desa Banua Raya Kecamatan Bati-bati. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (728kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (112kB)

ABSTRAK

Anisah. 2018. Mekanisme Arisan Terhadap Penambahan Modal Para Pedagang Di Pasar Murung Desa Banua Raya Kecamatan Bati-bati. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pembimbing: (I) Dra Naimah, MH (II) Patimatu Jahra, S.Ag., M.SI. Kata Kunci: Mekanisme, Arisan, Modal, Pedagang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme arisan terhadap penambahan modal pedagang di pasar Murung desa Banua Raya Kecamatan Bati-bati dan untuk mengetahui manfaat arisan terhadap penambahan modal pedagang di pasar Murung desa Banua Raya Kecamatan Bati-bati. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan lokasi penelitian yaitu di Pasar Murung desa Banua Raya Kecamatan Bati-bati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, kemudian dianalisis secara kualitatif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 20 orang peserta arisan uang. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah mekanisme arisan uang oleh para pedagang di Pasar Murung desa Banua Raya yaitu dengan cara musyawarah antar ketua arisan uang dengan peserta arisan yang akan mengikuti arisan, selanjutnya menentukan jumlah dana iuran perminggu. Kemudian setelah semua disepakati maka arisan uang akan dimulai dan ketua arisan uang akan mengumpulkan semua uang dari anggotanya. Setelah semua uang terkumpul untuk menentukan siapa yang akan mendapatkan arisan dilakukan dengan cara diundi. Arisan yang dilakukan oleh pedagang di Pasar Murung desa Benua Raya memiliki pengaruh yang cukup besar. Hal ini karena dana yang diperoleh dari kegiatan arisan tersebut cukup besar sehingga sebagian digunakan untuk menambah modal usaha agar mendapatkan keuntungan. Manfaat ini yang dijadikan pedagang sebagai sarana yang sangat penting untuk menjalankan usaha berdagang dan memberikan pengaruh terhadap tambahan modal usaha. Di dalam sistem arisan yang berkembang dimasyarakat khususnya pedagang di perbolehkan dalam Islam. Karena dalam arisan yang dilakukan oleh para pedagang di Pasar Murung desa Banua Raya tidak ada unsur riba, penipuan, karena dilakukan dengan adil, transparan, disaksikan oleh peserta dan tidak ada yang dirugikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Skripsi Anisah Anisah
Date Deposited: 04 Feb 2019 02:29
Last Modified: 04 Feb 2019 02:29
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11054

Actions (login required)

View Item View Item