EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Pendapatan Usaha Sarang Burung Walet di Desa Bangun Jaya Katingan 2 Kalimantan Tengah

Padalliah, Nor Aufa (2019) Analisis Pendapatan Usaha Sarang Burung Walet di Desa Bangun Jaya Katingan 2 Kalimantan Tengah. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (93kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (442kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Nor Aufa Padalliah, 2018. Analisis Pendapatan Usaha Sarang Burung Walet di Desa Bangun Jaya Katingan 2 Kalimantan Tengah. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Pembimbing: (I) H. Badrian, S.Ag., M.Ag. (II) H. Abdul Gafur, Lc., MA. Kata kunci: pendapatan, usaha. Penelitian ini dilatar belakangi oleh berkembangnya usaha sarang burung walet di Desa Bangun Jaya Katingan 2 Kalimantan Tengah. Usaha sarang burung walet merupakan usaha alternatif untuk menambah penghasilan dan menjadi usaha yang meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di Desa Bangun Jaya Katingan 2 Kalimantan Tengah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara kepada 10 orang pengusaha sarang burung walet untuk mengetahui pendapatan usaha sarang burung walet, 3 orang dari kalangan tokoh masyarakat dan 2 orang dari kalangan masyarakat untuk mengetahui dampak dari pendapatan usaha sarang burung walet. Berdasarkan hasil penelitian ini, pendapatan pengusaha sarang burung walet dapat dikategorikan menjadi dua, kategori pertama pendapatan tidak meningkat pertahunnya ada 1 orang, dan kategori kedua pendapatan yang meningkat pertiap tahunnya ada 9 orang. Sedangkan dampak-dampak dari pendapatan usaha sarang burung walet terhadap ekonomi pribadi, keluarga dan masyarakat yaitu, dampak pada ekonomi pribadi: dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, menambah penghasilan dari sebelumnya, tunjangan untuk masa tua. Dampak pada ekonomi keluarga: dapat memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari, dapat membiayai anak-anak sekolah, dapat membangun usaha baru, dapat membangun rumah walet yang baru. Dampak pada ekonomi masyarakat: meningkatkan ekonomi masyarakat, menambah peluang kerja, menambah penghasilan kepada masyarkat yang menerima zakat, infaq, dan sedekah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Aufa Nor aufa Aufa padalliah
Date Deposited: 27 Feb 2019 01:42
Last Modified: 27 Feb 2019 01:42
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11117

Actions (login required)

View Item View Item