EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Aktivitas Dakwah Gerakan Muslimat Indonesia (GMI) Dalam Pembinaan Muallaf di Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut

Wiguno, Borneo Rahmat (2019) Aktivitas Dakwah Gerakan Muslimat Indonesia (GMI) Dalam Pembinaan Muallaf di Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (545kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (387kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (51kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Borneo Rahmat Wiguno, 2018. Aktivitas Dakwah Gerakan Muslimat Indonesia (GMI) Dalam Pembinaan Muallaf di Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Pembimbing: Aulia Aziza, S.Ag, M.Si dan Anita Ariani, S.Ag, M.Pd.I. Kata kunci: Aktivitas Dakwah Gerakan Muslimat Indonesia (GMI) Dalam Pembinaan Muallaf Latar belakang penelitian ini dilandasi pemikiran bahwa para muallaf pada umumnya masih sangat minim akan persoalan pemahaman agama, sehingga sangat rentan mereka kembali keagamanya yang semula. Maka daripada itu dengan hadirnya organisasi GMI ini, dirasa mempunyai pengaruh yang cukup baik untuk membina para muallaf. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas dakwah yang dilakukan oleh Gerakan Muslimat Indonesia (GMI) dalam pembinaan muallaf di Kecamatan Pelaihari kabupaten Tanah Laut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan teknik yang digunakan dalm pengumpulan data ialah observasi, wawancara dan domentasi. Dari hasil penelitian yang diperoleh, bahwa bentuk aktivitas dakwah yang dilaksanakan oleh Gerakan Muslimat Indonesia (GMI) dalam pembinaan muallaf ini ialah pembelajaran Al-Qur’an beserta arti dan maknanya, memberi infaq, memberi beasiswa, menyantuni para dhuafa, membagikan daging kurban yang hampir setiap tahun, dakwah door to door dan pembinaan melalui majelis ta’lim dilakukan baik perminggu, perbulan, maupun pertahun ataupun tergantung dari situasi dan kondisi dilapangan. Adapun kesimpulan yang di dapat dari penelitian ini adalah usaha yang dilakukan oleh GMI dalam membina para muallaf dari tahun ke tahun menuai hasil yang signifikan. Hal tersebut dibuktikan dengan bertambahnya para muallaf yang berada di Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Di sisi lain mereka para muallaf yang semakin hari semakin memahami ajaran agama Islam itu sendiri memberikan dampak positif baik bagi para anggota GMI maupun masyarakat sekitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: Skripsi BORNEO RAHMAT WIGUNO
Date Deposited: 07 Feb 2019 05:53
Last Modified: 07 Feb 2019 05:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11119

Actions (login required)

View Item View Item