EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Dakwah Islamiyah Islmiyah di Desa Tumbang Kalang Kabupaten Kotawaringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah

Adiannor, Adiannor (2019) Dakwah Islamiyah Islmiyah di Desa Tumbang Kalang Kabupaten Kotawaringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (518kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (497kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (63kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (133kB)

ABSTRAK

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya masih kurang terselengaranya Dakwah Islamiyah di daerah terpencil. Secara realita ada beberapa umat muslim masih merasa kurangnya da’i. Hal ini sangat berpengaruh terhadap proses Dakwah Islmiyah di Desa Tumbang kalang, sedangkan Dakwah Islmiyah adalah suatu kegiatan menyeru dan mengajak manusia baik yang muslim maupun yang non muslim menuju jalan Allah yaitu Islam. Membahas tentang Dakwah Islamiyah di desa Tumbang Kalang Kabupaten Kotawaringin Timur Propinsi Kalimantan Tengah. Bertujuan untuk mengetahui Dakwah Islamiyah di Desa Tumbang Kalang Kabupaten Kotawaringin Timur Propinsi Kalimantan Tengah dan faktor pendukung dan penghambat dalam memberikan Dakwah Islamiyah di Desa Tumbang Kalang Kabupaten Kotawaringin Timur Propinsi Kalimantan Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam yaitu data pokok (primer) dan data penunjang (sekunder). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipatif dan wawancara mendalam secara pribadi. Hasil Penelitian, Dakwah Islamiyah di desa Tumbang Kalang adalah melalui ceramah agama pada ibu-ibu arisan, khutbah jum’at, pembelajaran baca alquran pada remaja, dan pelajaran agama Islam pada siswa di sekolah. Faktor pendukung adanya toleransi antar umat beragama, sarana yang mendukung berjalanya dakwah seperti masjid, kekerabatan juga mendukung terbentuknya sifat sifat keislaman pada pribadi seseorang dan dukungan pemerintah sebagai pengayom segala bentuk aktivitas masyarakat di daerah ini. Faktor penghambat Dakwah Islamiyah adalah Kurangnya tenaga da’i yang mampu membina dan membimbing kehidupan masyarakat sehingga kurang berkembang dan berkesinambunganya Ukuwah Islamiyah di desa tersebut Kondisi daerah desa cukup terpencil juga merupakan faktor penyebab utama kendala dakwah, faktor perekonomian masyrakat desa masih rendah yang juga bisa sedikit banyak berpengaruh kepada proses Dakwah, dan Faktor pengaruh Budaya dimana kebanyakan suku asli masih menganut kepercayaan hal-hal yang bersebrangan dengan agama islam tentu saja faktor ini sangat berpengaruh terhadap proses dakwah.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: Skripsi Adianor Adianor
Date Deposited: 22 Feb 2019 06:22
Last Modified: 22 Feb 2019 06:22
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11301

Actions (login required)

View Item View Item