EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan PSAK 109 Tentang Akuntansi Zakat dan Infak/Sedekah di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Banjarmasin

Aisyah, Siti (2019) Penerapan PSAK 109 Tentang Akuntansi Zakat dan Infak/Sedekah di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Banjarmasin. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (443kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (790kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (573kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan dikeluarkannya PSAK NO.109 yang mengatur tentang akuntansi zakat dan infak/sedekah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana penerapan Akuntansi Zakat dalam Penyajian Laporan keuangan pada Badan Amil Zakat nasional (BAZNAS) Kota Banjarmasin 2. Bagaimana Penerapan Akuntansi Zakat pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Banjarmasin telah sesuai dengan PSAK NO.109. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Untuk mengetahui bagaimana penerapan akuntansi zakat dalam penyajian laporan keuangan pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kota Banjarmasin 2. Untuk mengetahui apakah penerapan akuntansi zakat pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kota Banjarmasin telah sesuai dengan standar akuntansi PSAK NO.109. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan lokasi penelitian ini adalah BAZNAS Kota Banjarmasin Jl. Pangeran Antasari Komplek Mesjid Agung Miftahul Ihsan, Banjarmasin 70243. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumenasi. Setelah data terkumpul maka data diolah dengan teknik editing, deskripsi dan interpretasi yang dilanjutkan dengan penggunaan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Banjarmasin sudah menyajikan laporan keuangan seperti format PSAK 109. Pada penyajian laporan keuangan pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Banjarmasin ini pada konsep kerangkanya sudah sesuai dengan PSAK Nomor 109 Tahun 2012 yang terdiri dari laporan posisi keuangan, laporan perubahan dana, laporan perubahan aset kelolaan, laporan arus kas dan CLAK (catatan atas laporan keuangan). Berdasarkan uraian yang telah dibahas dan dijabarkan dalam skripsi ini, bisa diambil kesimpulan bahwa dapat dikatakan BAZNAS Kota Banjarmasin sudah menerapkan laporan keuangan seperti format PSAK NO.109 namun dalam analisis peneliti Laporan keuangan yang disajikan oleh BAZNAS Kota Banjarmasin masih belum informatif hal ini disebabkan karena perlakuan akuntansi zakat belum sepenuhnya sesuai dengan PSAK NO.109.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Skripsi Siti Aisyah
Date Deposited: 04 Mar 2019 03:30
Last Modified: 04 Mar 2019 06:19
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11349

Actions (login required)

View Item View Item