EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Di Desa Mekar Sari Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar Tahun 2015-2018

Mujahid, Mujahid (2019) Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Di Desa Mekar Sari Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar Tahun 2015-2018. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (479kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (9MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (365kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (21kB)

ABSTRAK

Pengelolaan dana desa yang sepenuhnya diserahkan kepada pemerintah desa tak jarang menimbulkan berbagai keraguan dan ketidakpercayaan dari sebagian masyarakat mengenai pengelolaan dana desa yang bersih dan akuntabel. Selain itu, Pemerintah pusat jelas mengharapkan bahwa pengelolaan dana desa oleh pemerintah desa berjalan tertib dan taat kepada peraturan perundang-undangan, efesien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggung jawab dengan memerhatikan rasa keadilan dan kepatuhan serta mengutamakan kepentingan masyarakat setempat sehingga kesejahteraan masyarakat akan tercipta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akuntabilitas pengelolaan dana desa di Desa Mekar Sari Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar pada tahun 2015-2018 beserta realisasi penggunaan dana desa yang dilakukan melalui metode studi kasus dengan pertimbangan bahwa masalah yang muncul dalam penelitian bersumber dari gejala dan kenyataan di lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menemukan spesifikasi dan realita tentang pertanggungjawaban pengelolaan dana desa di Desa Mekar Sari dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap program ini. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara kepada beberapa informan terkait dan pengumpulan dokumen-dokumen terkait yang kemudian dianalisis dengan beracuan kepada teknik analisis data model interaktif menurut Miles dan Huberman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa akuntabilitas pengelolaan dana desa di Desa Mekar Sari Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar Tahun 2015-2018 telah dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip akuntabilitas yang telah dirumuskan oleh lembaga-lembaga kemanusiaan, namun pada tahap realisasinya di lapangan masih belum sepenuhnya tepat sasaran baik untuk program pembangunan desa maupun juga pemberdayaan masyarakat desa sehingga pada beberapa detail pelaksanaan program berpotensi menimbulkan kritik dari sebagian masyarakat. Menurut tinjauan shariate enterprise theory, dana desa diposisikan sebagai suatu amanah dari pemerintah pusat yang diberikan kepada pemerintah desa agar digunakan sepenuhnya untuk mencapai tujuan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat desa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Mujahid Muhammad
Date Deposited: 12 Mar 2019 06:25
Last Modified: 12 Mar 2019 06:25
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11420

Actions (login required)

View Item View Item