EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Model Pendidikan Akhlak Madrasatul Ula di Desa Manarap Baru Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar

Adha, Khairul (2019) Implementasi Model Pendidikan Akhlak Madrasatul Ula di Desa Manarap Baru Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (583kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Di Desa Manarap Baru Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar, banyaknya perbedaan dalam profesi pekerjaan masing-masing orang tua menyebabkan model/pola pendidikan dalam rumah tangganya sangat berbeda pula perbedaan inilah yang banyak mempengaruhi dalam pola mendidik anak baik dari segi kegamaan dan tingkah laku perbuatan. Dalam hal ini orang tua yang pekerjaannya sebagai Petani, Buruh Tani, PNS/Guru, Pedagang dan Peternak. Tentunya dari berbagai pekerjaan ada perbedaan waktu yang diberikan orang tua dalam mendidik anak. perbedaan dalam model/pola mendidik anaknya yang bisa saja dipengaruhi oleh profesinya dan waktu yang diberikan untuk mendidik anak. Kita ketahui bahwa seharusnya penanamam pendidikan pertama pada anak merupakan kewajiban orang tua yang mengandungnya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi model pendidikan akhlak madrastul ula. Untuk mengetahui faktor yang menghambat dan mendukung Implementasi model pendidikan akhlak madrasatul ula di desa manarap baru kecamatan kertak hanyar kabupaten banjar. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang bertujuan dengan terjun kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai Implementasi model pendidikan akhlak madrastul ula tentang model/pola Pendidikan akhlak madrasatul ula 1. Akhlak kepada Allah 2. Akhlak terhadap Sesama 3. Akhlak terhadap diri sendiri 4. Metode dalam pembinaan akhlak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang pendekatan penelitian yang berusaha menuturkan masalah yang ada berdasarkan hasil wawancara ataupun observasi dengan informan. Objek dalam penelitian ini adalah Implementasi model pendidikan akhlak madrasatul ula, sedangkan yang menjadi subjek penelitian adalah 7 keluarga yang memiliki anak dari usia 3 - 6 tahun. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses melalui editing, klasifikasi data dan interprestasi data selanjutnya dianalisis secara deskriftif kualitatif dengan mengacu pada landasan teori. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa Implementasi Model pendidikan madrasatul ula di desa kecamatan kertak hanyar kabupaten banjar dapat dikatakan baik dalam penerapannya, ada beberapa faktor yang mendukung dan menghambat Implementasi model pendidikan akhlak madrastul ula. Faktor yang mendukung yaitu ketersediaan waku, lingkungan keagamaan. Adapun faktor yang menghambat yaitu latar belakang pendidikan dalam bidang keagamaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KHAIRUL ADHA ADHA
Date Deposited: 09 Jul 2019 02:33
Last Modified: 09 Jul 2019 02:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11998

Actions (login required)

View Item View Item