EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Lembar Kerja Siswa pada Mata Pelajaran IPA kelas V karya Arnie Hidayah Dkk

Miliati, Miliati (2019) Analisis Lembar Kerja Siswa pada Mata Pelajaran IPA kelas V karya Arnie Hidayah Dkk. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (170kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (569kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (881kB)

ABSTRAK

Lembar kerja siswa merupakan salah satu panduan dalam pelaksanaan praktikkum dan sarana bagi peserta didik untuk berlatih mengerjakan soal-soal, serta alternatif pemberian tugas oleh guru untuk melatih keterampilan dan keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. LKS disusun oleh tenaga pendidik di sekolah atau penerbit tertentu sesuai dengan SK-KD. Banyaknya LKS yang beredar, memberikan banyak pilihan bagi pendidik dalam menentukan buku yang digunakan. Berbagai upaya dilakukan untuk mendapatkan LKS yang baik, maka dari itu LKS selalu disempurnakan secara berkelanjutan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui relevansi isi LKS dengan SKL dan SI, muatan isi LKS berdasarkan kriteria LKS yang baik, serta LKS yang terintegrasi dengan nilai nilai religius. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian terhadap penyampaian informasi dalam bentuk tulisan. Analisis ini menggunakan data tabel dalam usaha mencari, menyusun, dan menafsirkan data yang sudah ada, kemudian dijelaskan dengan uraian-uraian kata bersifat deskriptif. Objek dalam penelitian ini berupa analisis LKS pada mata pelajaran IPA karya Arnie Hidayah Dkk untuk SD/MI kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 10 kegiatan LKS yang relevan dan 2 kegiatan LKS tidak relevan terhadap KD, dengan persentase sebesar 83,3 %. Kemudian berdasarkan tiga kriteria LKS yang baik: 1) didaktik berkenaan dengan asas belajar mengajar, seperti kegiatan LKS yang dilakukan secara berkelompok ataupun mandiri, menemukan dan menyelidiki konsep yang dipelajari; 2) konstruksi berkenaan dengan penggunaan bahasa, kalimat dan kosakata masih sulit dimengerti, tidak adanya tujuan kegiatan LKS dan kurangnya ilustrasi; 3) teknik berkenaan dengan penulisan terdapat 5 LKS yang tidak sesuai kriteria. Maka LKS tersebut cukup memenuhi syarat-syarat LKS. Sedangkan muatan isi LKS tidak terintegrasi terhadap nilai-nilai karakter religius karena tidak terdapat kalimat yang mengarahkan pada nilai-nilai tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Miliati Miliati Miliati
Date Deposited: 19 Jul 2019 01:43
Last Modified: 19 Jul 2019 01:43
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12178

Actions (login required)

View Item View Item