EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Keluarga Muslim dalam Membina Akhlak Anak di Kelayan A Kelurahan Kelayan Dalam Banjarmasin Selatan

Rabi’ah, Rabi’ah (2019) Peran Keluarga Muslim dalam Membina Akhlak Anak di Kelayan A Kelurahan Kelayan Dalam Banjarmasin Selatan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (178kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (57kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi dari pentingnya peran keluarga muslim dalam membina akhlak anak di Kelayan A Kelurahan Kelayan Dalam Banjarmasin Selatan. Pembinaan keluarga itu merupakan pendidikan pertama dan utama bagi setiap anak, sedangkan pendidikan yang lain seperti pendidikan sekolah dan pendidikan masyarakat lanjutan dari pendidikan keluarga. Karena pendidikan keluarga itu adalah tempat pendidikan paling sempurna dan pusat kasih sayang dan saling membantu antar sesama dan meskipun orang tua telah memberikan pembinaan akhlak terhadap anaknya, akan tetapi masih ada anak terkadang tidak menurut kepada orang tuanya, sehingga pembinaan orangtua masih dikatakan kurang berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran keluarga muslim dalam membina akhlak anak di Kelayan A Kelurahan Kelayan Dalam Banjarmasin Selatan dan untuk mengetahui hal-hal yang menghambat dan mendukung peran keluarga muslim dalam membina akhlak anak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field research). Subjek penelitian ini adalah 5 keluarga yang memiliki anak dari usai 6-18 tahun di Kelayan A Kelurahan Kelayan Dalam Banjarmasin sedangkan objek penelitian bagaimana peran keluarga muslim dalam membina akhlak anak di Kelayan A Kelurahan Kelayan Dalam Banjarmasin Selatan. Kemudian dari hasil tersebut penulis menganalisis dengan analisis kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan documenter. Penelitian ini menghasilkan bahwa peran keluarga muslim dalam membina akhlak anak di Kelayan A Kelurahan Kelayan Dalam Banjarmasin Selatan adalah pengajaran, keteladanan, pengawasan, nasehat dan hukuman atau teguran. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa peran keluarga muslim dalam membina akhlak anak di Kelayan A Kelurahan Kelayan Dalam Banjarmasin Selatan 5 keluarga tersebut dengan cara memberikan pengajaran untuk modal kehidupan anak, keteladanan agar menjadi anak yang berakhlak mulia, memberikan pengawasan kegiatan anak sehari-hari, memberikan nasehat dengan kata-kata lemah lembut dan hukuman yang tidak melukai diri anak. Adapun hal-hal yang menghambat dan mendukung peran keluarga muslim dalam membina akhlak anak meliputi latar belakang pendidikan, ekonomi dan lingkungan masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Rabiah Rabiah Rabiah
Date Deposited: 17 Jul 2019 00:53
Last Modified: 17 Jul 2019 00:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12215

Actions (login required)

View Item View Item